Menu

Gak Cuma Karena Golongan Darah, Kenali 6 Penyebab Lain Mudah Digigit Nyamuk

31 Desember 2021 12:10 WIB

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (Pixabay/mika mamy)

HerStory, Sukabumi —

Golongan darah O seringkali dikaitkan sebagai golongan yang paling disenangi nyamuk. Nyatanya ada faktor lain nyamuk mudah mengejarmu, lho

Jika Beauty merasa lebih sering digigit nyamuk meski tak bergolongan darah O, ada kemungkinan penyebab lainnya yang membuat nyamuk lebih menyukaimu. 

Berikut ini tim HerStory rangkum penyebab nyamuk betah berada didekatmu dibandingkan orang disekitar, seperti dikutip dari berbagai sumber (31/12/2021)

1. Golongan Darah

Menurut studi yang dilakukan oleh Journal of Medical Entomology tahun 2014, penyebab orang yang bergolongan darah O kerap menjadi sasaran empuk nyamuk,  lantaran orang bergolongan darah O lebih sering mengeluarkan sinyal kimia tertentu. Sehingga nyamuk jauh lebih tertarik. 

Golongan darah O juga bisa memproduksi senyawa asam dan molekul lebih banyak daripada golongan darah lain sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh ahli entomologi asal Uiversity of Florida. 

2. Suhu Tubuh

Nyamuk menyukai suhu tubuh manusia yang lebih panas misalnya ketika selesai berolahraga, nyamuk dengan mudah mendekatimu karena adanya pancingan dari suhu tubuh yang tinggi. Suhu tubuh ini dihasilkan dari panas dan uap air alami yang ada disekitar. 

3. Bau yang Khas

Setiap orang tentunya memiliki bau yang khas dari keringatnya. Nah, faktor inilah yang membuat nyamuk mendekatimu sebab nyamuk memiliki kemampuan mencium aroma yang menarik untuknya dekati. 

4. Jenis Kulit

Selain aroma yang khas, jenis kulit manusia sebagai ekosistem alami kehidupan mikroskopis juga menarik perhatian nyamuk. Hal ini dikarenakan kulit bisa menghasilkan mikroba sebagai pemikat. 

5. Karbon Dioksida

Fun fact dari nyamuk adalah ia memiliki kemampuan mengenali dan merasakan karbon dioksida dari jarak jauh. Karbon dioksida yang merupakan gas buangan dari pernapasan manusia rupanya memikat nyamuk untuk mendekat.

Hal inilah yang menyebabkan nyamuk lebih sering terbang dan berdengung disekitaran kulit kepala dan telinga. 

6. Warna Baju

Beauty yang mengenakan baju dengan warna gelap harus siap-siap untuk didekati nyamuk. Pasalnya nyamuk memang menyukai warna gelap seperti hitam, merah dan hijau tua.