Menu

Merapat Moms! Ternyata Ini Ciri-Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

31 Desember 2021 13:25 WIB

Wanita hamil (Freepik.com/drobotdean)

HerStory, Medan —

Moms, kesuburan ternyata gak cuma dilihat dari siklus menstruasi saja, lho. Ada beberapa ciri-ciri wanita subur yang dapat dilihat dari penampilan fisiknya.

Kesuburan wanita dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari usia hingga riwayat kesehatan. Lebih lanjut, Herstory sudah merangkum ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil dari berbagai sumber berikut (31/12/2021). Yuk, disimak Moms!

1. Siklus menstruasi normal

Jika siklus menstruasi Moms berjalan tepat waktu dan mudah diprediksi, besar kemungkinan itu tanda kesuburan yang baik. Wanita yang teratur menstruasi setiap 24 hingga 35 hari sekali menandakan ovulasinya berjalan normal tiap bulan. 

Menstruasi merupakan pertanda bahwa hormon tubuh wanita bekerja dengan baik. Hal tersebut terlihat dari setiap bulannya tubuh mengeluarkan sel telur (ovum).

2. Adanya keputihan

Keputihan sering dianggap sebagai masalah atau hal yang memalukan. Memang benar bahwa adanya beberapa kondisi keputihan menandakan adanya infeksi pada vagina.

Namun, keputihan juga menjadi salah satu ciri wanita subur. Normalnya keputihan berwarna putih jernih atau bening, agak lengket, serta tak berbau.

3. Berat badan ideal

Moms, ternyata berat badan mempengaruhi kesuksesan program hamil, lho. Jika angka timbangan berat kamu gak ideal, maka lebih berisiko mengalami masalah kesuburan. 

Jika wanita mengalami obesitas, maka produksi hormon pengatur ovulasi akan terganggu. Begitu pula dengan wanita yang berbadan terlalu kurus berisiko terganggunya masa ovulasi bahkan bisa berhenti total.

4. Tidak merokok

Merokok memengaruhi setiap proses reproduksi baik pria dan wanita. Apalagi, merokok pada wanita dapat menimbulkan risiko jangka panjang yaitu:

  • kerusakan pada DNA sel telur.

  • ovarium rusak, menghasilkan lebih sedikit telur serta kurang berkualitas.

  • produksi hormon pendukung kehamilan terganggu.

  • memperlambat gerak sel telur yang telah dibuahi untuk mencapai rahim.

  • meningkatkan risiko keguguran.

  • menggagalkan ovulasi.