Menu

Moms, Ini 4 Penyebab yang Bikin Imunitas Anak Jadi Lemah, Hati-hati Omicron Menyerang

31 Desember 2021 15:10 WIB

ilustrasi anak sakit (freepik/peoplereations)

HerStory, Jakarta —

Setiap orangtua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Kesehatan anak juga menjadi prioritas utama bagi para orangtua. Benar begitu kan, Moms?

Namun, sayangnya ada beberapa hal yang terkadang Moms enggak sadari bisa membuat imunitas anak menjadi lemah. Menurunnya sistem imun juga bisa berdampak pada kondisi kesehatan si kecil, apalagi kini muncul Covid-19 varian Omicron yang lebih cepat menyebar dan Moms harus lebih berhati-hati.

Melansir dari berbagai sumber (31/12/2021) berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat imunitas anak menurun. Yuk, simak baik-baik, ya!

Konsumsi banyak gula dan garam

Terlalu banyak mengonsumsi gula dan garam dapat emngakibatkan defisiensi atau penurunan sistem imuunitas tubuh si kecil.

Para peneliti mengungkapkan bahwa jumlah sodium dan gula yang berlebih dapat mengurangi kemampuan tubuh melawan infeksi bakteri.

Kurang bergerak aktif

Saat ini, banyak anak yang mulai kecanduan dengan ponsel pintar. Mereka akhirnya jadi kurang bergerak aktif dan juga kurang olahraga.

Rutin bergerak aktif dapat meningkatkan sistem imunitas yang bisa membantu melawan berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Kurang tidur

Anak tentu membutuhkan waktu tidur yang cukup supaya sistem imunnya enggak menurun. Kalau anak enggak cukup tidur, maka dia jadi rentan terserang pilek dan flu.

Kurang asupan serat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi asupan serat dan prebiotik, maka dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan bisa melindungi tubuh si kecil dari bahaya virus.

Moms, itulah penyebab mengapa imunitas anak bisa menjadi lemah. Waspada, ya!