Menu

5 Gejala Kanker Payudara Ini Tak Boleh Beauty Abaikan

31 Desember 2021 21:25 WIB

Ilustrasi tumor payudara (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Rembang —

Beauty, munculan benjolan menjadi salah satu gejala kanker payudara yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Namun, masih ada kondisi lain yang bisa jadi indikasi kanker payudara yang tak bisa diabaikan, lho.

Kamu juga harus mewaspadai kondisi tersebut supaya bisa mengatasiya. Berikut 5 gejala kanker payudara yang tak boleh diabaikan.

Muncul memar

Biasanya, kanker payudara juga ditandai dengan munculnya memar atau kulit sekitar payudara menjadi berwarna kemerahan atau keunguan. Kalau kamu memiliki gejala tersebut tanpa disbebakan oleh bentyran apapun, segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan dengan cepat.

Kelenjar getah bening bengkak

Kelenjar getah bening ini berisi berbagai macam kelenjar sistem imun tubuh yang bisa menyaring berbagai macam sel berbahaya, tak terkecuali menyaring pertumbuhan sel kanker. Biasanya, keberadaan sel kanker payudara ini menyebabkan kelenjar getah bening di sekitar ketiak mengalami pembengkakan.

Puting mengeluarkan cairan

Tanda kanker payudara berikutnya adalah keluarnya cairan dari puting. Cairan yang dikeluarkan tiap orang memiliki warna dan tekstur yang berbeda-beda. Jadi kalau kamu mengalami gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter ya Beauty.

Tekstur kulit berubah

Pertumbuhan sel kanker menyebabkan tekstur kulit di sekitar payudara berubah. Kulit menjadi lebih kering, bersisik, dan menebal. Apalgi di sekitar puting payudara.

Warna kulit di skeitar payudara berubah

Sejaln dengan poin sebelumnya, perubahan tekstur kulit bisa mengubah warna kulit di skeitar payudara. Banyak orang yang tak menyadari hal tersebut karena mengira kulitnya hanya ternfeksi. Makanya, kamu perlu memperhatikan kondisi tubuh, ya Beauty.