Menu

Apakah Sakit Gagal Ginjal Bisa Disembuhkan?

31 Desember 2021 22:45 WIB

Seorang wanita sedang mengalami sakit perut sebelah kanan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Saat divonis mengidap sakit ginjal, kamu mungkin akan bertanya-tanya, apakah penyakit gagal ginjal bisa sembuh? Sebelum menjawab, kita pahami dudlu penyebab gagal ginjal, ya Moms.

Biasanya, disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang merusak organ vital ini. Nah, kalau kerusakan ginjal terus memburuk, maka organ vital ini akan mengalami penurunan fungsi sampaitak berfungsi lagi.

Apakah penyakit gagal ginjal bisa disembuhkan?

Menurut National Kidney Foundation, penderita dinyatakan gagal ginjal kronis apabila fungsi ginjalnya menurun di atas 85 persen. Nah, kalau kamu sudah pada tahap ini, maka penyakit gagal ginjal yang kamu alami tak bisa dismebuhkan. Namun, perlu diingat bahwa gagal ginjal bukanlah vonis mati.

Sehingga pengobatan, perawtan medis, serta gaya hidup yang tepat bisa membantu penderita gagal ginjal agar bisa beraktivitas dengan normal dan memeperpajan harapan hidup pasien.

Sementara, untuk kasus gagal ginjal yang biasanya hanya terjadi smeentara waktu, pengobaan dan perawatan medis tepat bisa mengembalikn atau memperbaiki fungsi ginjal.

Penyebab gagal ginjal akut biasanya berasal dari penyakit jantung, efek obat tertentu, kurangnya pasokan darah ke ginjal, atau gangguan kandung kemih.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari