Menu

Gak Banyak yang Tahu, Ini Gejala Lain Diabetes yang Wajib Kamu Waspadai!

03 Januari 2022 15:30 WIB

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula darah bisa disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari keturunan hingga gaya hidup yang enggak sehat.

Oleh karena itu, kamu harus mengenali tanda dan gejala awal diabetes sebelum kondisi kronis menyerang. Sudah tahu belum apa saja gejalanya?

Melansir dari laman Medical News Today, berikut ini beberapa gejala diabetes yang banyak orang enggak tahu, tapi harus diperhatikan. Yuk, simak baik-baik, ya!

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil menjadi salah satu tanda awal diabetes. Ketika kadar gula darah tinggi, ginjal mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal itulah yang menyebabkan seseorang jadi lebih sering buang air kecil.

Rasa haus meningkat

Rasa haus yang meningkat juga bisa jadi tanda diabetes. Pasalnya, sering buang air kecil dapat menyebabkan tubuh kehilangan air tambahan. Ini yang bisa menyebabkan dehidrasi dan rasa haus yang meningkat dari biasanya.

Selalu merasa lapar

Penderita diabetes sering kali enggak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka konsumsi. Sistem pencernaan memecah gula sederhana yang disebut glukosa. 

Pada penderita diabetes, glukosa ini enggak cukup bergerak dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Akibatnya, penderita diabetes sering merasa lapar.

Penglihatan kabur

Penglihatan yang kabur juga bisa menjadi gejala awal diabetes. Pasalnya, kelebihan gula darah dapat merusak pembuluh darah kecil di mata.

Penglihatan yang kabur ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata. Selain itu, penglihatan yang kabur bisa datang dan pergi.

Sering merasa sangat lelah

Diabetes tipe 2 bisa berdampak pada tingkat energi seseorang dan menyebabkan mereka sangat lelah. Kelelahan ini terjadi akibat enggak cukupnya gula yang berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

Nah, itulah beberapa gejala lain dari penyakit diabetes yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita