Menu

6 Jenis Bau Badan Cerminkan Masalah Kesehatan, dari Amis sampai Bau Logam

03 Januari 2022 16:15 WIB

Ilustrasi wanita dengan bau badan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Moms, ternyata bau badan dapat menjadi indikasi masalah kesehatan yang terjadi di tubuh, lho. Biasanya bau badan timbul karena keringat bercampur dengan bakteri.

Nah, dilansir dari berbagai sumbe (3/1/2022), bau badan dapat menjadi indikator kesehatan. Berikut Herstory rangkum penjelasannya.

Bau amis

Jika keringatmu berbau amis seperti ikan, kemungkinan ada gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Kondisi tersebut disebut dengan trimethylaminuria yang terjadi ketika tubuh tak mampu mencerna makanan yang kaya protein.

Bau seperti kotoran

Jika badan kamu mengeluarkan bau seperti kotoan, ini berarti ada masalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan atau sedang mengalami sembelit akut. Kondisi ini menyebabkan racun terakumulasi di tubuh dan dikeluarkan bersamaan dengan keringat.

Bau apek

Umumnya keringat memang berbau apek. Namun, jika kondisi ini berlangsung terus-menerus kemungkinan kamu menderita hiperhidrosis yang terjadi ketika seseorang berkeringat secara berlebihan.

Bau yang gak terlalu menyengat

Bau ini biasanya indikasi bahwa tubuh semakin menua. Pasalnya kelenjar keringat bekerja lebih aktif.

Bau alkohol

Pernahkah kamu mencium bau alkohol dari keringatmu meski gak sedang mengonsumsi alkohol? Hal tersebut merupakan indikasi bahwa alkohol yang sudah lama ada dalam tubuh baru dicerna.

Bau logam

Bau badan terasa seperti bau logam berkarat? Ini merupakan indikasi adanya kerusakan hati, gangguan pencernaan, dan gangguan metabolisme, lho.

Itu dia enak jenis bau keringat yang bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan, Moms. Jika ada yang janggal dari bau badan, segera lakukan pemeriksaan, yah. 

Artikel Pilihan