Menu

Merapat, Moms! Sering Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Ternyata Bahaya Dapat Mengancam Kehamilan

04 Januari 2022 15:25 WIB

Ibu hamil sedang mengonsumsi makanan sehat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu banyak pasangan suami istri. Kesehatan ibu dan janin menjadi persoalan penting saat masa kehamilan.

Ibu hamil harus memerhatikan asupan gizi yang masuk setiap harinya. Apalagi, di kehamilan usia satu sampai tiga bulan.

Pada usia kandungan tersebut, janin mulai tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, ibu harus mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. 

Setiap makanan dan minuman yang masuk memengaruhi kondisi janin. Di sisi lain ada pula makanan yang menjadi pantangan ibu hamil.

Kira-kira apa saja makanan tersebut? Berikut Herstory rangkum informasinya.

1. Daging olahan

Daging olahan atau kemasan mengandung listeria yaitu bakteri penyebab penyakit listeriosis. Gejala penyakit ini adalah demam, sakit kepala, nyeri leher, dan diare. 

Penyakit listeriosis sangat berbahaya bagi ibu hamil sebab dapat menyebabkan keguguran, persalinan prematur, hingga infeksi yang mengancam kandungan.

2. Daging setengah matang

Daging mentah atau setengah matang juga berbahaya bagi ibu hamil sebab berisiko mengandung bakteri salmonella. Bakteri tersebut dapat menyebabkan diare, demam, hingga kram perut.

Ibu hamil biasanya menunjukkan gejala yang parah terhadap infeksi salmonella. Oleh karena itu, infeksi ini dapat mengancam nyawa ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

3. Keju yang belum dipasteurisasi

Pasteurisasi merupakan proses sterilisasi kuman melalui pemanasan pada suhu 60-70 derajat Celcius selama 30 menit. Proses ini bertujuan untuk membunuh bakteri patogen yang ada dalam makanan salah satunya keju.

Jika tak melalui proses ini, maka keju mengandung bakteri listeria yang sama dengan daging olahan. Penyakit yang ditimbukan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

4. Makanan laut mengandung merkuri

Makanan laut merupakan sumber protein dan omega-3 yang sangat baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa makanan laut yang harus dihindari sebab mengandung merkuri.

Ikan berukuran besar dan predator biasanya mengandung merkuri dengan tingkat tinggi. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya jangan mengonsumsi hiu, ikan pedang, todak, tuna, marlin, dan tilefish..

5. Telur setengah matang

Apakah Moms salah satu penikmat telur setengah matang? Jangan lagi, yah. Pasalnya makanan ini mengandung bakteri salmonella yang berbahaya bagi janin.