Menu

Asli Gak Nyangka! Ini 8 Manfaat Tak Terduga dari Mandi Air Dingin Setiap Hari

05 Januari 2022 07:54 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang sedang mandi (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu kerap mandi air hangat setiap hari untuk membantumu rileks?

Sebenarnya, kebanyakan dari kita berpikir manfaat kesehatan dari mandi berasal dari mandi air hangat, padahal menurunkan suhu sebenarnya sangat terapeutik.

Meskipun mungkin tampak tidak menarik pada awalnya, mengganti mandi air hangat dengan air dingin bisa menjadi hal yang kamu butuhkan untuk terlihat dan merasakan yang terbaik.

Dikutip dari The Alternative Daily, Rabu (5/1/2022), berikut beberapa manfaat mandi air dingin setiap hari.

1. Menguras lemak

Menurunkan suhu di kamar mandi dapat menyebabkan lemak cokelat masuk dan meningkatkan panas dalam tubuh. Lemak putih dikaitkan dengan kondisi seperti obesitas dan penyakit jantung, sedangkan lemak coklat memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan.

Tingkat lemak coklat yang sehat menunjukkan bahwa lemak putih juga berada pada tingkat yang sehat. Dan, dengan mandi air dingin dua hingga tiga kali seminggu dapat membantu meningkatkan metabolisme dan melawan obesitas dari waktu ke waktu.

2. Meningkatkan sirkulasi yang sehat

Sirkulasi yang sehat penting untuk kesehatan kardiovaskular yang lebih baik secara keseluruhan. Mandi air dingin membantu mengoptimalkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh.

Menurut pakar kesehatan terkemuka, Dr. Joseph Mercola, mandi air dingin dapat menurunkan tekanan darah dan bahkan membersihkan arteri yang tersumbat.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, semakin dingin pancurannya, semakin baik untuk sistem kekebalan kita. Satu studi menemukan bahwa mandi air dingin secara teratur meningkatkan kecepatan metabolisme, dan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang digunakan untuk melawan penyakit.

Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa mandi air dingin dapat menyebabkan tubuh lebih tahan terhadap jenis kanker tertentu. Di Belanda, ditemukan bahwa orang yang mandi air dingin mengambil lebih sedikit waktu kerja karena sakit.

4. Menguras sistem limfatik

Mandi air dingin mendorong sistem limfatik untuk membawa limbah dari sel, yang mengurangi risiko infeksi.

5. Menurunkan stres

Jika kamu mengalami hari yang sangat menegangkan, mandi air dingin adalah cara yang bagus untuk menyegarkan dan menenangkan diri. Mandi air dingin membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan meningkatkan glutathione, yang pada gilirannya membantu mengurangi tingkat stres.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa mandi air dingin mengkondisikan sistem saraf menjadi lebih tahan terhadap stres.

6. Mempercepat pemulihan setelah berolahraga

Kamu mungkin pernah melihat atlet mandi dingin setelah sesi latihan intensitas tinggi. Mandi cepat dan dingin dapat dengan mudah melakukan hal yang sama. Satu studi yang menganalisis 17 percobaan dengan 360 orang yang beristirahat atau membenamkan diri dalam air dingin setelah latihan ketahanan, bersepeda, atau berlari menemukan bahwa mereka yang menggunakan terapi air dingin memiliki lebih sedikit rasa sakit satu hingga empat hari setelah berolahraga dibandingkan dengan mereka yang hanya beristirahat.

7. Membantu kulit dan rambut terlihat bagus

Air panas mengeringkan kulit dan rambut, sementara air dingin mengencangkan kutikula dan pori-pori yang mencegahnya tersumbat. Air dingin juga menutup pori-pori di kulit kepala, yang membantu mencegah masuknya kotoran.

Menurut dokter kulit Jessica Krant, air es dingin atau hangat membantu menjaga keseimbangan minyak sehat dan menyebabkan rambut tampak lebih berkilau, lebih kuat, dan lebih sehat. meratakan folikel rambut dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mencengkeram kulit kepala.

8. Meredakan depresi

Mandi air dingin

memiliki kemampuan untuk meredakan gejala depresi. Reseptor dingin, yang terletak di kulit, mengirimkan impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak. Ini memiliki efek antidepresi yang kuat yang dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kewaspadaan.

Satu studi menemukan bahwa hidroterapi dingin juga memiliki efek analgesik yang kuat tanpa efek samping ketergantungan.

Artikel Pilihan