Menu

Waspada! Inilah 4 Penyebab Pasti Kamu Menderita Batu Ginjal, Apa Saja?

05 Januari 2022 10:00 WIB

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/healthcentral)

HerStory, Jakarta —

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting untung menyaring darah dan membuang limbah dari tubuh. Ginjal juga dapat membantu mengendalikan tekanan darahmu.

Pada saat seseorang mengalami gangguan ginjal, maka itu bisa memengaruhi kualitas hidupnya. Batu ginjal bisa disebabkan oleh banyak faktor. Sudah tahu?

Melansir dari laman health.harvard.edu, berikut ini beberapa penyebab pasti mengapa seseorang menderita sakit batu ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kurang asupan kalsium

Kalsium mengikat oksalah di usus dan dengan demikian mengurangi jumlah oksalat yangg diserap ke dalam aliran darah dan kemudian dieksresikan oleh ginjal.

Kalau kamu kekurangan asupan kalsium, maka jumlah oksalat bisa meningkat. Itu mengarah juga pada meningkatkan risiko batu ginjal.

Makan tinggi natrium

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi natrium jugga bisa menjadi penyebab kamu menderita batu ginjal.

Pasalnya, makanan yang tinggi natrium dapat meningkatkan jumlah kalsium yang bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Protein hewani

Selanjutnya, kamu juga harus waspada dengan asupan makanan yang mengandung protein hewani, seperti daging merah, telur, dan seafood.

Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan asam urat dan juga risiko terbentuknya batu ginjal. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi makanan protein hewani, ya.

Jenis makanan tertentu

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, seperti cokelat, bayam, atau buah bit.

Beberapa jenis makanan itu dapat meningkatkan risiko batu ginjal karena mengandung banyak oksalat. Cobalah untuk mengurangi jumlah konsumsinya, ya.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa kamu menderita batu ginjal. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan