Menu

Mulut Kering Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes Lho, Ini Gejala Lainnya yang Harus Diwaspadai...

06 Januari 2022 14:10 WIB

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula darah membuat setiap orang harus berhati-hati. Jika enggak ditangani dengan serius, maka diabetes bisa menjadi pemicu bahaya kesehatan lainnya.

Diabetes memiliki dua tipe dengan gejala yang hampir mirip. Namun, pada diabetes tipe 1, gejala akan terjadi lebih cepat hanya dengan hitungan hari dan efeknya bisa lebih parah.

Melansir dari WebMD, tanda awal dari kedua tipe diabetes tersebut enggak jauh berbeda, seperti lapar dan merasa sangat kelelahan.

Gejala diabetes lainnya yang perlu kamu waspadai adalah sering merasa haus dan buang air kecil lebih sering. Normalnya, orang buang air kecil 4-7 kali dalam 24 jam. 

Selain itu, penyakit diabetes juga bisa ditandai dengan mulut kering dan kulit gatal. Sebab, tubuh menggunakan cairan untuk buang air kecil, kelembapan untuk hal-hal lain berkurang.

Makanya, kamu bisa mengalami dehidrasi dan kehausan. Mulut juga mungkin terasa begitu kering dan kulit kering bisa membuat kamu gatal.

Gejala lainnya adalah penglihatan yang kabur. Perubahan kadar cairan dalam tubuhmu dapat membuat lensa mata membengkak dan membuatnya berubah bentuk serta enggak bisa fokus.

Nah, itulah beberapa gejala kamu menderita penyakit diabetes. Kalau kamu merasakannya, segera konsultasikan dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat, ya!