Menu

7 Trik Melindungi Mata Seiring Bertambahnya Usia, Layak Dicoba Nih!

07 Januari 2022 11:40 WIB

Ilustrasi extension bulu mata. (Unsplash/Allef Vinicius)

HerStory, Bogor —

Beauty, seolah-olah rambut beruban dan kerutan tidak cukup buruk, mata kita juga bisa mulai mengecewakan seiring bertambahnya usia lho. Namun, meskipun kondisi seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula mungkin umum terjadi, mereka tidak dapat dihindari.

Jadi, lindungi penglihatanmu setiap hari dengan tips cerdas dan sederhana ini sebagaimana dikutip dari The Altenative Daily, Jumat (7/1/2022), Beauty!

1. Buang riasan lama

Beauty, tahukah kamu bahwa bakteri tumbuh cepat dalam riasan cair? Jadi, gantilah produk kosmetikmu setiap tiga bulan untuk menghindari infeksi mata.

Ingat, jangan pernah berbagi kosmetik dengan orang lain dan hindari mencoba sampel kosmetik di toko ya! Plus, pastikan untuk membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan riasan. Ini akan membantu mencegah pertumbuhan patogen yang dapat merusak mata dalam jangka panjang.

2. Sering-seringlah istirahatkan mata layar

Jika kamu menatap layar komputer, tablet, atau ponsel terlalu lama, kamu bakal mengalami kelelahan mata, mata kering, nyeri leher dan bahu, serta sakit kepala, lho Beauty.

Untuk menghindari ketidaknyamanan ini, cobalah istirahat layar setiap 20 menit. Saat bekerja, sesuaikan ritme kerjamu sesuai kenyamanan mata, temukan kursi yang mendukung dan pastikan layar sejajar dengan mata, dan perbarui kacamata atau lensa kontakmu agar sesuai untuk penggunaan komputer. Ingatlah untuk sering berkedip dan tetap terhidrasi agar mata tidak kering.

3. Lindungi mata dari sinar UV

Sinar matahari yang kuat dapat merusak mata dan dapat meningkatkan risiko katarak. Peningkatan sinar UV diduga menyebabkan perubahan metabolisme sel-sel di retina dan lensa.

Untuk melindungi matamu dari paparan sinar UV yang berlebihan, pastikan kacamata hitammu melindungi dari panjang gelombang UV-A dan UV-B, dan menutupi wajah, Beauty.

4. Makan lebih banyak antioksidan

Degenerasi makula terkait usia (AMD) mempengaruhi sebanyak satu dari setiap tiga orang dewasa di Amerika, di atas usia 60. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa nutrisi dapat memainkan peran penting dalam melindungi seseorang dari AMD.

Dua penelitian Eropa terhadap lebih dari 5.000 orang menyimpulkan bahwa diet Mediterania yang kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, unggas, dan minyak nabati dapat menurunkan risiko AMD.

Antioksidan lutein dan zeaxanthin memiliki manfaat unik dalam mencegah AMD. Mereka adalah fitokimia dan membantu menyerap cahaya biru yang menembus jauh ke dalam retina.

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kangkung, lobak Swiss, sawi, dan sawi adalah beberapa sumber lutein dan zeaxanthin terbaik. Dan, nutrisi seperti beta karoten, vitamin C dan E dan seng juga dikaitkan dengan penurunan risiko AMD secara substansial pada orang tua.

Gak cuma itu, ikan juga bagus untuk matamu lho Beauty. Ikan air dingin seperti makarel, salmon liar, dan cod kaya akan DHA, asam lemak yang memperkuat membran sel, termasuk yang ada di mata.

5. Rutin olahraga

Banyak penyakit mata terkait dengan masalah kesehatan lainnya, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi. Olahraga dapat membantu mengatasi masalah ini dan membatasi dampaknya.

Olahraga teratur memberikan banyak manfaat kesehatan mata, seperti sirkulasi yang baik dan peningkatan asupan oksigen. Latihan fisik sedang, seperti berjalan tiga kali seminggu, dapat menurunkan tekanan intraokular dan meningkatkan aliran darah ke retina dan saraf optik.

Kabar baiknya tentang olahraga adalah kamu gak harus menjadi pelari maraton untuk mendapatkan manfaatnya. Berjalan cepat, menaiki tangga, dan menari adalah cara yang bagus untuk mendapatkan latihan yang baik yang akan membantu tubuh dan matamu tetap sehat.

6. Jaga mata dalam kondisi yang baik

Olahraga tidak hanya untuk tubuh, lho Beauty. Karena mata memiliki otot, kamu juga dapat membantu menjaganya agar tetap bugar dengan beberapa latihan sederhana.

Senam mata bisa dilakukan saat bangun tidur, sepanjang hari saat mata terasa lelah, dan sebelum tidur. Latihan yang konsisten dapat meningkatkan kenyamanan mata dalam jangka panjang.

Mulailah dengan menghangatkan mataselama lima detik dengan telapak tangan yang hangat – lakukan ini tiga kali. Kemudian, putar mata - lihat ke atas dan lingkari mata sekitar sepuluh kali di kedua arah.

Untuk mempertajam fokus, pegang pena sejauh lengan dan fokus padanya. Pindahkan pena lebih dekat hingga sekitar enam inci dari hidung Anda. Ulangi proses ini sepuluh kali.

Terakhir, berlatihlah 'menatap jarak jauh' dengan melihat objek atau pemandangan yang jauh – ini akan menghilangkan stres mata karena melihat layar, ponsel, dan buku sepanjang hari.

7. Tidur yang cukup

Saat tidur, mata terus dilumasi, dan iritasi seperti debu atau asap yang mungkin menumpuk di siang hari akan dibersihkan. Ketika tubuh cukup istirahat, mata pun otomatis diperbarui.

Jika kamu terlibat dalam aktivitas visual yang intens seperti bekerja di depan komputer atau membaca buku, istirahat pendek sangat membantu matamu Beauty.

Secara keseluruhan, cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mata adalah dengan merawat seluruh tubuh. Diet, pola tidur, olahraga, pemeriksaan rutin, dan kebersihan yang baik, semuanya dapat menjaga tubuh dan matamu dalam kondisi yang baik selama bertahun-tahun yang akan datang, Beauty.

Semoga informasinya bermanfaat ya!