Menu

Penderita Hipertensi Merapat, 4 Makanan Ini Ampuh Atasi Tekanan Darah Tinggi

07 Januari 2022 15:30 WIB

Kulit buah jeruk. (bebeautiful.in/Edited by Herstory)

HerStory, Medan —

Menjaga pola makan adalah hal yang sangat penting bagi penderita darah tinggi. Pasalnya, penderita harus menghindari makanan yang berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi.

Jika tekanan darah tinggi tak bisa dikontrol, hal ini dapat memicu komplikasi penyakit seperti stroke dan serangan jantung. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa makanan yang mampu menurunkan teranan darah, lho.

Yuk, simak artikel berikut, Moms.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, sawi, lobak hijau, selada, dan bayam kaya akan nutrisi mulai dari antioksidan, serat, kalsium, kalium, potassium, hingga magnesium. Kandungan tersebut mampu sangat baik bagi kesehatan dan mampu mengontrol tekanan darah.

2. Wortel

Senyawa fenolik yang terkandung dalam wortel ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Khasiat ini akan bekerja lebih baik jika wortel dimakan secara mentah. Namun, pastikan kamu sudah membersihkannya terlebih dahulu ya.

3. Buah citrus

Penderita hipertensi sangat disarankan untuk mengonsumsi buah citrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon. Sama seperti sayuran hijau, buah ini kaya kandungan mineral, vitamin, dan senyawa bioaktif yang mempunyai efek untuk menurunkan tekanan darah.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang kaya kalsium. Kandungan itu sangat baik dan cocok bagi penderita hipertensi, lho. Tak hanya itu, beberapa penelitian membuktikan bahwa yoghurt mengandung probiotik tinggi yang mampu menurunkan tekanan darah.

Itu dia makanan yang mampu menstabilkan tekanan darah, Moms. Jika diiringi dengan pola hidup yang sehat, pasti tekanan darah dapat terjaga dengan baik.

Artikel Pilihan