Menu

5 Makanan Pengganti Nasi yang Gak Bikin Perut Buncit, Bye-bye Lemak!

10 Januari 2022 08:01 WIB

Ilustrasi lemak perut buncit yang membandel. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Saat perut lapar, pikiran menjadi enggak karuan. Oleh sebab itu, penting banget memastikan perut tetap kenyang agar aktivitas harian bisa berjalan.

Bicara soal lapar, pasti yang ada dipikiran adalah mengonsumsi nasi. Padahal saat mengonsumsi nasi putih, tubuh akan cepat merasa lapar. Hal itu dikarenakan saat mengonsumsi nasi, gula darah menjadi naik dan menyebabkan rasa lapar. Selain itu, nasi putih juga mengandung kalori yang tinggi dan sering dikaitkan dengan perut buncit.

Nah, jika kamu ingin kenyang lebih lama dan terhindar dari perut buncit coba konsumsi beberapa bahan makanan di bawah ini:

1. Telur

Makanan yang bisa membuat kenyang salah satunya adalah telur. Ya, sudah jadi rahasia umum bahwa telur penuh protein. Ini jadi contoh sempurna dari makanan yang akan membuat tubuh sehat. Satu studi menunjukkan bahwa memakan telur untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan karena bisa mengganjal perut dalam waktu yang lama.

2. Yogurt

Belum banyak diketahui bahwa yogurt bisa jadi pilihan ketika lapar. Penelitian telah menemukan bahwa yogurt lebih efektif dalam mencegah rasa lapar daripada camilan berbahan dasar cokelat. Itulah lebih banyak alasan untuk menikmatinya tanpa rasa bersalah. Tambahkan beberapa buah untuk membuat yougurt terasa lebih enak.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh berperan untuk melawan kelaparan. Penelitian telah menemukan bahwa mengunyah biji-bijian secara teratur bisa menjadi jawaban untuk menangkal rasa lapar dalam waktu yang lama. Pastikan untuk memasukkannya ke dalam makananmu secara teratur!

4. Bayam

Enggak ada salahnya makan lebih banyak sayuran berdaun hijau karena sangat bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah bayam. Para ilmuwan telah menemukan bahwa ekstrak yang dikenal sebagai thylakoids, yang ditemukan dalam bayam, dapat membantu mengurangi keinginan makan dan perasaan lapar.

5. Jahe

Jahe adalah bahan makanan yang kuat. Tetapi, tahukah kamu bahwa jahe bisa menghilangkan rasa lapar? Sebuah penelitian yang mengamati pria yang kelebihan berat badan menemukan bahwa menambahkan bubuk jahe ke air panas saat sarapan mencapai hasil yang luar biasa. Para peserta merasa kurang lapar dari biasanya setelah makan, yang menyebabkan mereka cenderung enggan untuk ngemil.