Menu

Jangan Sampai Menyesal! Ini 6 Makanan Terburuk Bagi Penderita Diabetes, Masih Ngotot Mau Makan?

13 Januari 2022 15:30 WIB

ilustrasi pasta carbonara (instagram/midwestfoodiegirl)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes biasanya disebabkan oleh keturunan dan gaya hidup yang enggak sehat. Kadar gula darah yang tinggi bisa jadi bahaya dan meningkatkan risiko komplikasi.

Musuh terbesar para penderita diabetes adalah makanan dan juga minuman yang mengandung tinggi gula. Makanya, penderitat diabetes harus benar-benar memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Melansir dari laman Healthline (13/1/2022), berikut ini sederet makanan terburuk untuk penderita diabetes. Apa saja? Yuk, simak baik-baik!

Roti putih, nasi, dan pasta

Roti putih, nasi, dan pasta merupakan makanan olahan yang mengandung tinggi karbohidrat. Makanan olahan tersebut terlah terbukti dapat meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Sereal manis

Sereal manis bukan pilihan yang tepat bagi kamu si penderita diabetes. Kebanyakan sereal mengandung lebih banyak karbohidrat dan sedikit protein. Itu tentu enggak aman untuk penderita diabetes.

Madu

Gula alami, seperti madu enggak baik jika dikonsumsi berlebihan oleh penderita diabetes. Meskipun enggak diproses secara berlebihan, kandungan karbohidrat dalam madu sama dengan gula putih.

Kentang goreng

Kentang mengandung tinggi karbohidrat. Jika kentang digoreng dengan minyak sayur, maka bisa meningkatkan gula darah. Makanan yang digoreng terbukti menghasilkan senyawa beracun dalam jumlah tinggi.

Makanan ringan dalam kemasan

Makanan ringan dalam kemasan bukanlah pilihan tepat untuk camilan penderita diabetes. Makanan kemasan mengandung sedikit nutrisi dan tinggi karbohidrat yang berbahaya untuk penyandang diabetes.

Yogurt rasa buah

Yogurt tanpa perasa adalah pilihan yang tepat untuk penderita diabetes. Namun, yogurt dengan varian rasa buah sangat enggak disarankan. Itu mengandung lebih banyak gula daripada es krim.

Nah, itulah makanan yang bisa memperburuk kondisi penyandang diabetes. Jangan bandel, ya!

Artikel Pilihan