Menu

Mengapa Pria Lebih Sering Mendengkur Dibanding Wanita? Ternyata…

13 Januari 2022 22:30 WIB

Ilustrasi mendengkur (Shutterstock)

HerStory, Rembang —

Pernah bertanya-tanya gak Moms, mengapa pria lebih sering mendengkur atau ngorok? Mengorok adalah suara napas yang berisik saat seseorang tidur. Wanita juga sering mengorok, tapi kebanyakan dialami pria. 

Nah, ngorok disebabkan oleh banyak hal, termasuk berat badan berlebih, faktor anatomi dan beberapa kondisi yang memengaruhi saluran napas atas. Mendengkur juga dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. 

Kebiasaan yang bisa menyebabkan ngorok, seperti merokok dan konsumsi alkohol. Tak heran kalau pria lebih banyak yang mendengkur saat tidur. Tanpa disadari, terkadang pendengkur juga menderita sleep apnea, yaitu kondisi terhentinya napas sejenak (sekitar 10 detik) saat seseorang mendengkur. 

Baca Juga: Bahaya Mendengkur Saat Tidur, Bisa Alami Kematian Mendadak, Lho Moms!

Pada dasarnya sleep apnea ini memiliki proses yang sama dengan mendengkur, kecuali otot-otot sangat rileks sehingga menyebabkan sumbatan pada jalan napas. Ini menyebabkan seseorang seperti tersedak di sela dengkurannya. Ketika terjadi sleep apnea, karbon dioksida berakumulasi di sirkulasi darah dan kadar oksigen turun. 

Kemudian, otak mendeteksi perubahan ini dan bereaksi dengan membangunkan orang tersebut sehingga pernapasan kembali normal. Masalahnya, sleep apnea bisa terjadi beberapa kali dalam semalam, sehingga kualitas tidur menurun. 

Baca Juga: Sering Mendengkur saat Tidur? Waspada Tanda Serangan Jantung

Akibatnya, meski sudah tidur cukup tetapi keesokan hari Moms mungkin akan mengantuk, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi. 

Artikel Pilihan