Menu

Benarkah Hobi Ngemil Bikin Gemuk?

14 Januari 2022 07:25 WIB

Ilustrasi bekerja dengan camilan sehat. (Freepik/senivpetro)

HerStory, Rembang —

Banyak yang bilang kalau ngemil bisa bikin gemuk, Moms. Jadi gak heran kalau banyak orang yang menghindari aktivitas nyamil, terutama orang yang lagi diet.

Karena bagi mereka, ngemil adalah hal "terlarang" yang bisa bikin diet gagal, ya Moms. Tapi, apa benar ngemil bisa bikin gemuk? Yuk Moms, cari tahu jawabannya.

Benarkah ngemil bikin gemuk?

Kalau Moms merasa naik berat badan setelah ngemil, coba ingat apa camilan yang Moms pilih. Dan apakah Moms ngemil sambil tiduran di depan TV? Kalau iya, maka Moms gak bisa menyalahkan aktivitas ngemil sebagai penyebab naiknya berat badan.

Ini karena sebenarnya, ngemil gak bikin Moms gemuk. Semuanya tergantung pada jenis camilan yang Moms makan dan aktivitas yang Moms lakukan.

Jadi, kalau Moms terbiasa nyamil sambil nonton TV atau tiduran, Moms perlu membatasinya. Ini karena banyak penelitian yang sudah membuktikan adanya hubungan antara nyamil depan TV dengan kenaikan berat badan. 

Baca Juga: Berat Badannya Gampang Naik, Ini Urutan Golongan Darah yang Berpotensi Gemuk

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pearson tahun 2011 bahkan menyebutkan bahwa makan sambil menonton TV bisa menyebabkan individu membuat pilihan makan yang kurang sehat dan makan berlebihan, lho Moms.

Tips memilih camilan sehat

Untuk Moms yang hobi ngemil tapi gak mau gemuk, jangan khawatir. Kamu bisa coba tips ngemil ini tanpa harus takut gemuk, yaitu:

1. Ngemil sebelum dan sesudah olahraga

Camilan bisa memberikanmu energi untuk tubuh. Oleh sebab itu, kamu bisa mendapatkan energi untuk olahraga dengan camilan. Moms gak perlu panik berat badan akan naik, karena kalori dari camilan akan dibakar saat olahraga. Nah, setelah olahraga Moms bisa ngemil lagi untuk menggantikan energi yang terkuras saat olahraga.

2. Hindari gorengan dan junk food

Gorengan mengandung banyak minyak yang akan diubah menjadi energi dalam tubuh. Semakin banyak gorengan yang kamu makan, maka semakin banyak energi yang terbentuk.

Tapi, karena gak semua energi digunakan tubuh, energi berlebi dari konsumsi gorengan ini akan disimpan tubuh, sehingga jadilah tumpukan lemak di dalam tubuh. Begitu pun dengan junk food. Makanan ini mengandung banyak lemak dan kalori yang bisa bikin berat badan naik.

Baca Juga: Tak Boleh Asal! Ini 8 Camilan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

3. Pilihlah camilan sehat

Pilihalah camilan sehat, seperti buah-buahan dan makanan rendah kalori, seperti cokelat hitam, kacang-kacangan, dan keripik dari buah-buahan. Selain itu, sebisa mungkin hindari camilan yang berkarbohidrat tinggi, ya.

4. Perbanyak minum air putih

Selain bikin kamu kenyang, air putih juga bisa menetralisir rasa lapar serta meningkatkan metabolisme yang berperan dalam pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Jadi, kalau kamu ingin cepat kenyang, perbanyak minum air putih setelah ngemil, ya.

Nah, sambil memerhatikan jenis camilan yang ingin Moms makan, jangan lupa perhatikan kondisi kesehatan juga, ya Moms. Karena kalau Moms punya keluhan kesehatan, maka harus segera bicara dengan dokter agar kondisi kesehatan Moms segera pulih.