Menu

Bisa Picu Stroke, Ini 7 Bahaya Tidur Terlalu Lama

17 Januari 2022 14:05 WIB

Ilustrasi tidur tanpa mengenakan baju. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Bandung —

Tidur memang bisa membuat tubuh kembali fit setelah melakukan aktivitas yang membuat tubuh lelah. Namun, banyak orang yang malah menggunakan kesempatan tidur ini dalam waktu yang lama.

Hal ini tentu berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai penyakit. Berikut adalah berbagai penyakit yang timbul akibat tidur telalu lama, dilansir dari berbagai sumber, Senin (17/1/2022).

1. Diabetes

Studi menunjukkan, tidur terlalu lama atau kurang setiap malam dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Obesitas

Tidur yang terlalu banyak atau sedikit dapat memengaruhi berat badan. Menurtu penelitian, orang yang tidur selama 9-10 jam setiap malam dalam meningkatkan risiko obesitas dibandingkan dengan mereka yang haya 7-8 jam.

3. Sakit kepala

Orang yang tidur secara berlebihan biasanya akan menyebabkan sakit di bagian kepala. Menurut penelitian, hal ini disebabkan efek tidur yang berlebih sehingga mengganggu jaringan otak. Jaringan yang terganggu itu menyebabkan rasa sakit di bagian kepala.

4. Sakit punggung

Orang yang terlalu banyak tidur membuat dirinya sedikit bergerak. Hal ini dapat menyebabkat tulang dan sendi menjadi sakit. Biasanya seseorang yang merasakan sakit punggung disarankan untuk berolahraga dengan rutin agar tubuh kembali bergerak. 

5. Depresi

Seseorang yang tidur terlalu banyak biasanya karena depresi yang dialaminya. Namun, jika dirinya melakukan tidur terlalu banyak, akan menyebabkan tingkat depresi semakin meningkat atau bertambah buruk.

6. Penyakit jantung

Seseorang yang tidur secara berlebihan dapat meningkatkan risio terkena penyakit jantung. Berdasarkan penelitian, The Nurses 'Health Study, data menunjukkan seseorang yang tidur sembilan hingga 11 jam per malam memiliki kemungkinan 38% lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dibandingkan wanita yang tidur delapan jam.

7. Kematian

Tidur yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian yang lebih tinggi. Peneliti menemukan bahwa depresi dan status sosial ekonomi yang rendah juga terjadi karena tidur yang lebih lama. Mereka berspekulasi bahwa faktor-faktor ini dapat dikaitkan dengan peningkatan kematian yang diamati pada orang-orang yang tidur terlalu banyak. 

Itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan jika terlalu lama tidur.

Artikel Pilihan