Menu

Tak Perlu Minder! Vagina Hitam Bisa Diatasi dengan...

17 Januari 2022 18:40 WIB

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash/Lana Abie)

HerStory, Rembang —

Beauty, ada banyak hal yang membuat kepercayaan diri wanita menurun, salah satunya yaitu vagina hitam. Meskipun tak terlihat oleh banyak orang, Beauty juga perlu merawat area intim ini, lho.

Biasanya, vagina yang hitam ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gesekan dengan celana dalam, pemakaian produk kewanitaan, atau proses penuaan. Nah berikut beberapa cara untuk mengurangi gesekan di area intim sekaligus vagina hitam, yaitu:

  • Menghindari celana dan pakaian dalam yang ketat.
  • Menjaga kelembaban kulit sekitar area vagina.
  • Menghindari hair removal, seperti waxing atau mencukur yang bisa menyebabkan folikulitis dan peradangan.
  • Memakai pakaian yang menyerap keringat.

Sebenarnya Beauty tak perlu khawatir jika menemukan warna vagina lebih hitam dibanding area lainnya. Namun, kalau vagina hitam disertai dengan gatal atau infeksi di area sekitar, segera periksakan diri ke dokter.

Bisa jadi, itu merupakan tanda peradangan akibat infeksi kuman atau reaksi alergi terhadap produk yang digunakan.

Selain tips di atas, Beauty juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi vagina hitam, antara lain:

1. Minyak kelapa madu

Untuk digunakan memutihkan kulit vagina, campurkan satu sendok minyak kelapa dan satu sendok madu di dalam mangkuk. Kemudian panaskan campuran ini di dalam mircowave selama beberapa detik saja hingga minyak menghangat.

Nah, dalam kondisi yang masih hangat, kamu bisa mengoleskan campuran tersebut ke area vagina dan biarkan selama 15 menitan. Lantas, basuh dengan minyak mawar.

2. Mentimun dan lidah buaya

Mentimun dan lidah buaya memiliki senyawa yang bisa memutihkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Caranya, blender mentimun dan gel lidah buaya dan oleskan ke area kewanitaan. 

Diamkan selama 20 menitan agar kulit ternutrisi dengan maksimal. Setelah 20 menit baru bilas vagina dengan air dingin hingga bersih.

3. Yoghurt

Beauty juga bisa menggunakan yogurt untuk mengatasi vagina hitam. Gunakan yoghurt yang tawar dan dingin untuk sensasi yang lebih nyaman.

Ambil yoghurt secukupnya dan gunakan untuk memijat area yang mengalami hiperpigmentasi selama 15 menitan. Selanjutnya, bilas dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan.

4. Putih telur

Kocok satu hingga dua butir putih telur hingga mengembang. Kemudian oleskan ke area kewanitaan dengan pijatan ringan.

Diamkann hingga adonan mulai mengering, baru basuh dengan air dingin hingga bersih dan keringkan.

5. Kentang

Seblumnya, Beauty harus cuci terlebih dahulu. Kemudian belah menajdi dua bagian, ambil setenah bagian dan oleskan daging buahnya yang terbuka di area kulit yang menghitam.

Lakukan pemijatan memutar selama beberapa menit, kemudian bilas vagina dengan air hangat.

Itulah beberapa tips yang bisa Moms praktikan untuk mengatasi vagina hita. Gak minder lagi, ya Beauty! Semoga informasi ini bisa bermanfaat.