Menu

Bentuk Kutu Kemaluan yang Bikin Miss V Gatal, Kamu Wajib Tahu Nih Beauty!

17 Januari 2022 21:05 WIB

Ilustrasi Vagina (Pexel/Cliff Booth)

HerStory, Rembang —

Beauty, tahukah kamu mengenai kutu kemaluan? Kutu kemaluan (Phthirus pubis) alias kutu kelamin adalah serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, termasuk rambut kemaluan. 

Salah satu gejala yang ditimbulkan yaitu sensasi gatal pada vagina. Nah, kira-kira bagaimana si bentuk kutu kemaluan? 

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ciri-ciri dari masing-masing bentuk kutu kemaluan, yaitu:

Telur kutu

Telur kutu disebut juga dengan nit. Nit ini sulit untuk dilihat dan berada erat melekat di pangkal rambut yang terkena kutu. Nit ini biasanya akan menetas dalam waktu sekitar 6-10 hari, ya Beauty.

Nimfa

Nimfa merupakan kutu belum dewasa yang menetas dari telur. Jika diamati dari ukurannya, nimfa terlihat seperti kutu kemaluan dewasa tetapi berukuran lebih kecil, Beauty.

Nimfa kutu kemaluan membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu setelah menetas untuk berkembang menjadi kutu dewasa yang mampu bereproduksi. Nimfa mampu bertahan hidup dengan menghisap darah manusia sebagai inangnya.

Kutu dewasa

Kutu kemaluan dewasa menyerupai bentuk kepiting, tapi berukuran sangat kecil. Parasit ini memiliki 6 kaki dengan kedua kaki depannya berukuran besar seperti capit, Moms.

Kutu kelamin sering dijuluki sebagai crabs atau kepiting karena ciri-cirinya tersebut. Selain itu, kutu kemaluan ini memiliki warna coklat keabu-abuan.

Ciri lainnya yakni kutu betina dewasa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar ketimbang kutu betina jantan. Kutu betina ini juga menghasilkan telur selama hinggap di area kemaluan manusia.

Sama seperti nimfa, kutu dewasa juga harus menghisap darah untuk bertahan hidup. Kalau kutu kemaluan jatuh dari tubuh seseorang, kutu tersebut akan mati dalam 1-2 hari.

Artikel Pilihan