Menu

Membersihkan Vagina dengan Air Hangat, Boleh atau Enggak Ya Moms?

17 Januari 2022 22:40 WIB

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash/Lana Abie)

HerStory, Rembang —

Apakah Moms salah satu wanita yang hobi membersihkan vagina menggunakan air hangat? Memang ada banyak mitos soal membersihkan vagina setelah buang air kecil dan air besar, salah satunya soal penggunaan air hangat.

Beberapa wanita suka membasuh area vagina dengan air hangat setelah kencing karena merasa lebih rileks. Namun faktanya, membersihkan area vagina dengan air hangat ternyata tak dianjurkan. 

Melansir dari livestrong.com, Senin (17/1/2022), kondisi area vagina sangat sensitif dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Penyebab vagina Moms sehat atau tidak, tergantung pada tingkat kelembapan, keasaman, ketebalan kulit, hingga cairan vagina, dan bakteri baik di dalamnya. 

Kalau Moms membasuh vagina menggunakan air hangat, maka kondisi suhu di area sensitif ini juga akan berubah. Misalnya kulit jadi kering dan menebal, hingga mengubah tingkat keasaman yang ada di sana. 

Nah, kalau kondisi vagina berubah, maka akan lebih rentan terhadap gangguan-gangguan kesehatan. Seperti rasa gatal hingga perih. Sehingga kalau Moms adalah orang yang suka membersihkan area vagina atau cebok menggunakan air hangat, sebaiknya hentikan sekarang juga. Sebelum akhirnya area vagina Moms mengalami gangguan yang lebih parah.

Artikel Pilihan