Menu

4 Cara Mengatasi Rambut Kering, Bye-bye Rambut Kusut!

18 Januari 2022 15:20 WIB

Ilustrasi rambut rontok. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Punya rambut kering seringkali membuat orang gak percaya diri. Selain itu, rambut kering juga cenderung mudah rontok dan terlihat kusam. Rambut kering biasanya disebabkan oleh udara dingin.

Penggunaan produk yang salah dan sering melakukan styling rambut juga bisa memicu rambut kering. Nah, kalau kamu sedang mengalami masalah rambut yang satu ini, yuk simak tips berikut ini.

1. Pilih sampo yang tepat

Kamu harus memilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Untuk rambut yang kering, pilihlah sampo dengan bahan yang mampu melembapkan rambut, Beauty. 

Contohnya seperti minyak argan, minyak zaitun, minyak almond atau minyak argan. Kandungan minyak ini biasanya mampu mengunci kelembapan rambut lebih lama sehingga rambut pun akan tampak lembut dan halus. 

2. Oleskan kondisioner

Salah satu cara agar helai rambut terhidrasi yaitu dengan menggunakan deep conditioner, Beanuty. Bedanya dengan kondisioner biasa, deep conditioner memerlukan waktu lebih lama agar kandunganya menyerap sempurna pada rambut.

Nah, ketika terserap dengan baik, kondisioner bisa memberi rambut kelembapan dalam waktu lama. Selain itu, penggunaan kondisioner juga bisa membuat rambut lebih lentur dan halus sehingga mengurangi keriting. 

3. Keringkan rambut dengan benar

Apakah kamu sering mengeringkan rambut menggunakan hairdryer, Beauty? Kalau iya, kebiasaan yang satu ini mungkin menjadi salah satu penyebab rambut kering. 

Pasalnya, setelah keramas rambut yang basah ini sangat rapuh. Sehingga kamu tak boleh asal mengeringkannya supaya tidak rontok. 

Nah, sebaiknya, gunakan kain lembut seperti katun atau handuk microfiber yang tak akan menimbulkan gesekan terlalu banyak. Mengeringkan rambut dengan benar juga membantu mencegah rambut kering karena cara ini mampu menyerap kelebihan air tanpa menghilangkan kelembapan rambut, Beauty. 

4. Gunakan minyak rambut

Minyak rambut juga efektif untuk mengunci kelembapan rambut, lho Beauty. Oleskan beberapa tetes minyak ke tangan dan ratakan dengan mengusap atau sedikit menyisir-nyisir rambut.

Itulah tips ampuh untuk mengatasi rambut kering yang mungkin saat ini sedang kamu alami, Beauty. Semoga informasi ini membantu, ya.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari