Menu

Pengantin Baru Wajib Tahu, Konsumsi 3 Kandungan Ini Tiap Hari Dapat Meningkatkan Peluang untuk Hamil

19 Januari 2022 14:40 WIB

Ilustrasi makanan sehat (Freepik.com/yanalya)

HerStory, Medan —

Makanan adalah salah satu faktor yang mendorong besarnya peluang kamu untuk hamil. Pasalnya, kandungan yang ada pada makanan dapat memengaruhi kesuburan, lho.

Mengonsumsi makanan sehat dan kaya gini dapat memperbesar peluang hamil. Untuk itu perhatian asupan nutrisi penting saat mengonsumsi makanan.

Harvard TH Chan School of Public Health dan Harvard Medical School melakukan penelitian terhadap wanita yang ingin hamil alami dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tertentu. Apa saja kandungan tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Asam folat

Asam folat adalah bentuk vitamin B9 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengurangi kelelahan.

Tingkat nutrisi yang rendah dapat meningkatkan risiko homosistein, cacat lahir, dan kanker. Asam folat dapat ditemukan dalam bentuk suplemen dan ditambahkan dalam makanan.

Bentuk alami nutrisi ini yang bisa didapat dari makanan disebut folat. Sumber umum nutrisi ini termasuk sayuran berdaun hijau, seperti bayam, brokoli, dan selada, kacang-kacangan, kacang polong, lentil, lemon, pisang, dan melon.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 juga juga dikenal sebagai cobalamin, yakni vitamin yang larut dalam air untuk pembentukan darah dan fungsi sistem saraf. Meskipun vitamin B12 ini nutrisi penting, tubuh kita tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga harus bergantung pada sumber makanan dan suplemen tertentu.

Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan cacat tabung saraf. Studi menunjukkan bahwa hingga 80-90 persen vegan dan vegetarian kekurangan vitamin B12.

Jadi, orang-orang ini harus memasukkan suplemen vitamin B12 dalam makanannya. Sumber umum vitamin B12 termasuk produk susu, ikan dan unggas.

3. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan, mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Bagi wanita hamil, lemak sehat ini sangat penting untuk mendukung perkembangan otak dan mata pada bayi serta mencegah kelahiran prematur.

Bahkan, omega-3 dapat membantu mengurangi gejala depresi perinatal. Ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak tumbuhan adalah beberapa sumber asam lemak omega-3 yang umum.