Menu

Bumil Wajib Waspada! Risiko Penyakit Anak Jika Lahir dari Ibu Golongan Darah O

21 Januari 2022 11:30 WIB

Bayi laki-laki baru lahir. (Pinterest/Feepik)

HerStory, Bandung —

Perlu diketahui bahwa ibu yang memiliki golongan darah O yang sedang hamil, agaknya harus lebih berhati-hati jika anak yang dilahirkan memiliki golongan darah yang berbeda dengan ibu yang melahirkan.

Hal ini dikarenakan anak yang baru dilahirkan yang berbeda golongan darahnya bisa berisiko mengalami hyperbilirubinemia atau bayi kuning berlebihan.

Hyperbilirubinemia sendiri merupakan kondisi di mana bilirubin yang meningkat drastis pada bayi. Ketika tubuh bayi mengganti sel-sel darah merah dan jaringan tubuh lainnya dengan yang baru, hasil pembuangan dari proses ini biasanya akan dihilangkan oleh hati atau liver. Bilirubin sendiri termasuk ke dalam salah satu hasil pembuangan tersebut.

Penyebab Hyperbilirubin pada Bayi

Perlu diketahui, karakter golongan darah O dikenal tidak mau 'berkawan' dengan golongan darah lain. Hal ini yang akan terbawa ketika seorang perempuan bergolongan darah O sedang hamil.

Selama proses kehamilan, darah Moms yang akan berfungsi untuk mentransfer nutrisi dan oksigen untuk bayi melalui tali pusar. Namun, jika terjadi perbedaan golongan darah antara Moms dengan janin yang dikandung, maka darah akan membentuk antigen, sehingga terjadi suatu reaksi antigen pada janin. Kondisi ini yang akan menghancurkan sel darah merah janin.

Reaksi antigen dari Moms kepada janin merupakan kondisi yang membahayakan bagi janin karena janin akan mengalami komplikasi berat hingga mampu mengganggu sistem saraf otak secara permanen. Oleh karena itu, penting bagi calon ibu untuk mengetahui golongan darahnya.

Tanda Anak Mengalami Hyperbilirubinemia

Hyperbilirubinemia pada bayi biasanya ditandai dengan adanya semburat warna kuning pada bagian putih mata, kulit, air seni, gusi, dan gigi bayi.

Biasanya bayi yang mengalami hyperbilirubinemia akan mengalami aktivitas yang cenderung diam atau tidak aktif.

Bayi yang mengalami hyperbilirubinemia juga akan cenderung kurang nafsu ketika menyusu dan lebih rewel serta mengantuk. Tubuh bayi pun akan terasa lebih lemas. Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Anak dengan Hyperbilirubin

Sebaiknya, calon ibu perlu menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan tidak perlu buru-buru membawa anak segera pulang dari rumah sakit.

Hal tersebut dikarenakan bayi dengan golongan darah yang berbeda dari ibunya, yakni golongan darah O, akan terlihat dampaknya setelah hari ketiga atau seterusnya.

Namun, jika sudah diperbolehkan pulang oleh dokter, Moms jangan lupa untuk menjemur anak di bawah sinar matahari mulai dari jam 7 pagi hingga 9 pagi, selama 15 hingga 30 menit.

Itulah penjelasan mengenai risiko kehamilan ibu bergolongan darah O dengan anaknya yang memiliki golongan darah berbeda. Tetap konsultasi dengan dokter ya, Moms, untuk kondisi yang lebih baik.

Artikel Pilihan