Menu

Ternyata Makanan Ini 'Haram' Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi, Bisa Merenggut Nyawa Lho!

24 Januari 2022 19:00 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Kadar kolesterol yang tinggi harus ditangani dengan serius. Sebab, penyakit yang satu ini bisa jadi pemicu munculnya masalah kesehatan lain yang berbahaya.

Kadar kolesterol dapat dikatakan tinggi apabila sudah melebihi batas normal, yakni mencapai angka 240 mg/dL atau bahkan lebih dari itu. 

Ada beragam faktor penyebab seseorang menderita kolesterol tinggi, salah satunya karena gaya hidup yang enggak sehat, seperti konsumsi makanan sembarangan.

Terkait kolesterol tinggi, ternyata ada satu makanan yang perlu dibatasi konsumsinya oleh si penderita kolesterol tinggi. Susah tahu belum?

Makanan terburuk penderita kolesterol tinggi

Satu makanan yang mungkin perlu dihindari oleh penderita koletserol atau paling enggak mengurangi konsumsinya adalah daging merah.

"Daging merah sangat buruk untuk kadar kolesterol dalam darah," kata ahli diet di University of Hawaii di Manoa, Jinan Banna.

"Makanan ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit kardiovaskular," sambungnya.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung tinggii lemak jenuh juga dapat menyebabkan tubuh kita memproduksi LDL atau kolesterol jahat dalam darah.

Lemak jenuh banyak ditemukan dalam produk daging. Dengan mengurangi konsumsi daging berlemak, kamu bisa mengontrol angka kolesterol menjadi lebih baik.

Menurut American Heart Assocciation, jika kita memiliki kolesterol tinggi, maka harus mengurangi lemak jenuh hingga kurang dari 6 persen dari total kalori harian, yakni sekitar 11-13 gram lemak jenuh.

Selain itu, kamu juga harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Artikel Pilihan