Menu

Catat! 5 Makanan Wajib Dikonsumsi Sebelum Vaksin Covid-19

24 Januari 2022 19:46 WIB

Ilustrasi makanan sehat. (pinterest/freepik)

HerStory, Medan —

Hingga kini masih berjalan proses vaksinasi kepada masyarakat. Bahkan, sejak pertengahan Januari sudah mulai dilakukan program vaksinasi ketiga menggunakan vaksin booster.

Untuk memastikan tubuh optimal dalam membentuk antibodi setelah divaksin, kamu harus memerhatikan kondisi kesehatan, lho. Herstory sudah merangkung makanan yang wajib kamu konsumsi sebelum vaksin Covid-19.

Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan nutrisi seperti mineral dan senyawa fenol yang baik bagi sistem imun. Kamu disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran ini beberapa hari sebelum vaksinasi.

Beberapa sayuran hijau yang baik antara lain adalah bayam, brokoli, kangkung, selada, dan sayuran hijau lainnya. Kamu dapat mengonsumsinya dengan dimasak atau dijadikan salad yah.

Jahe

Jahe kaya manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, dan infeksi paru-paru. Tak hanya itu, rempah ini mampu meredakan rasa stres menjelang vaksinasi.

Kamu dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk jamu dengan merebusnya dengan segelas air. Tak hanya itu, kamu juga dapat mencampurnya ke dalam makanan.

Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang merupakan senyawa aktif dan terbukti memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan imunitas. Tak hanya itu, kunyit berfungsi sebagai antistres, lho.

Kamu dapat menyajikannya sebagai jamu atau campuran makanan yang mengandung kunyit seperti gulai dan kari.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu sumber makanan yang mampu meningkatkan imun tubuh dan menurunkan kolesterol. Bahan ini juga mampu meningkatkan saluran pencernaan sebab mengandung probiotik.

Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan yang baik bagi peningkatan imun tubuh. Sebaiknya kamu memilih buah yang banyak kandungan air seperti nanas, mangga, semangka, dan jeruk.