Menu

Kenapa Harus Segera Menerima Vaksin Booster Covid-19? Ini Alasannya yang Wajib Kamu Tahu!

26 Januari 2022 15:00 WIB

Ilustrasi sedang vaksinasi. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia bisa menerima vaksin booster Covid-19 secara gratis. 

Program vaksinasi booster Covid-19 sudah berjalan sejak 12 Januari 2022. Program ini merupakan upaya lanjutan dari vaksinasi dosis penuh bagi 1 atau 2 kali suntik tergantung dari jenis vaksinnya.

Lantas, kenapa kamu harus segera menerima vaksin booster Covid-19?

Melansir dari situs resmi Covid-19.go.id (26/1/2022), ada tiga manfaat vaksin booster Covid-19 dari sisi kesehatan. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

  1. Adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi, terutama di tengah kemunculan varian-varian Covid-19 baru, termasukk Omicron.
  2. Sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi Covid-19 demi kesehatan jangka panjang.
  3. Memenuhi hak setiap masyarakat Indonesia untuk mendapatkan vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Selain dari sisi kesehatan, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa vaksin booster Covid-19 secara enggak langsung berguna untuk penguatan pemulihan ekonomi negara.

"Di luar dari beberapa manfaat vaksin booster dalam konteks kesehatan, vajsin booster secara enggak langsung dapat menjadi modal untuk penguatan pemulihan ekonomi," kata Wiku.

Dari sisi ekonomi, kondisi kasus yang melonjak dapat ditekan dengan mencegah kemunculan gelombang baru dengan pemberian vaksin booster ini.

Aktivitas masyarakat juga akan semakin fleksibel dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat setiap harinya.

"Sebagaimana PPKM leveling yang ditetapkan dengan prinsip, jika kasus semakin terkendali, maka aktivitas masyarakat dapat semakin produktif," ujar Wiku.

Nah, itulah manfaat melakukan vaksin booster Covid-19. Selalu jaga kesehatanmu ya, Beauty!