Menu

Gak Nyangka! Ini 5 Kebiasaan Tanpa Sadar Sering Dilakukan yang Bisa Merusak Ginjal

26 Januari 2022 15:15 WIB

Mengonsumsi junk food. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat. Tapi, sebenarnya memiliki tubuh yang sehat itu juga bergantung pada kebiasaan yang dilakukan.

Mungkin banyak yang enggak sadar bahwa kebiasaan bisa memengaruhi kesehatan. Misalnya saja ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak organ vital, seperti ginjal yang sangat penting untuk membuang racun di dalam tubuh.

Dilansir dari NKF (26/1/2022) berikut daftar kebiasaan yang sering dilakukan tanpa sadar bisa merusak ginjal:

1. Terlalu sering konsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid), seperti ibuprofen dapat meringankan rasa sakit dan nyeri pada tubuh, tetapi dapat membahayakan ginjal terutama jika kamu sudah memiliki penyakit ginjal.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengurangi penggunaan NSAID secara teratur dan jangan pernah melebihi dosis yang dianjurkan.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan merupakan sumber natrium dan fosfor yang signifikan. Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanan hariannya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal mungkin berbahaya bagi ginjal dan tulang.

3. Kurang Minum Air Putih

Tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal yang menyakitkan.

Mereka yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan, tetapi bagi kebanyakan orang, minum 1,5 hingga 2 liter (3 hingga 4 liter) air per hari adalah target yang sehat.

4. Makan Terlalu Banyak Daging

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis (suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat).

Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan semua bagian tubuh tetapi asupan makananmu harus seimbang dengan buah-buahan dan sayuran.

5. Makan Terlalu Banyak Makanan Tinggi Gula

Gula berkontribusi terhadap obesitas yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal.