Menu

Ini Sederet Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Gula Darah Meroket, Penderita Diabetes Harus Waspada

27 Januari 2022 07:11 WIB

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Sarapan menjadi salah satu aktivitas yang paling penting untuk dilakukan dan jangan sampai dilewatkan. Pasalnya, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari makan saat sarapan.

Namun, kamu harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, apalagi untuk para penderita diabetes. Jangan sampai menu sarapanmu membawa petaka.

Melansir dari laman Everyday Health, berikut ini beberapa kesalahan saat sarapan yang sering diabaikan. Yuk, simak baik-baik, ya!

Lupa konsumsi serat

Serat sangat baik untuk penderita diabetes karena bisa membuat kenyang tanpa menaikkan kadar gula darah. Cobalah untuk mendapatkan 7-10 gram sserat setiap pagi.

Konsumsi daging olahan

Pilihlah menu sarapan yang sehat. Bacon, sosis, dan ham enggak menambahkan karbohidrat ke dalam pola makanmu dan itu juga bukan pilihan protein yang sehat.

Melewatkan sarapan

Kesalahan terbesar yang harus dihindari adalah melewatkan sarapan pagi. Saat melewatkan sarapan, tubuh dalam mode kelaparan dan kamu jadi enggak bertenaga seharian.

Konsumsi smoothie

Makan buah lebih baik daripada meminumnya. Minum jus atau smoothie hanya memberikan setengah dari manfaatnya. Satu porsi besar buah yang dijus mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi.

Kurang konsumsi protein

Saat sarapan kamu juga harus memikirkan konsumsi protein. Sarapan harus menggabungkan sumber karbohidrat yang sehat dengan sedikit protein tanpa lemak.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering diabaikan saat sarapan. Semoga bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita