Menu

Waspada! Cegukan Berlebihan Bisa Sebabkan Kematian Beauty

27 Januari 2022 08:10 WIB

Ilustrasi cegukan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Cegukan sebenarnya hal yang normal dan bisa dialami siapa saja, mulai dari bayi hingga lansia, ya Beauty. Cegukan karena adanya gangguan pada jalur saraf dari otot ke otot interkostal di antara tulang rusuk dan diafragma.

Biasanya cegukan memang akan hilang dengan sednirinya, tapi ada juga loh Beauty cegukan yang tak kunjung reda meski kita sudah lakukan berbagai cara. Jika kamu mengalami hal ini, bisa jadi itu tanda masalah kesehatan hingga menyebabkan kematian.

Apakah cegukan bisa sebabkan kematian?

Beauty, sebenarnya cegukan tak menajdi penyebab langsung kematian seseorang. Tapi, ada masalah kesehatan lain yang mendasarinya. Beberapa masalah kesehatan tersebut, seperti:

Kerusakan saraft atau iritasi

Cegukan yang terjadi terus menerus biasanya terjadi karena kerusakan atau iritasi saraf vagus atau frenikus di sekitar diafragma. Nah, hal itu bisa disebabkann oleh tumor disekitar leher atau otak, infeksi otak, refluks asam lambung, hingga gangguan saraf.

Nah, kondisi-kondisi itulah yang mungkin menyebabkan kematian seseorang, bukan cegukan itu sendiri, ya Moms.

Gangguan metabolisme dan obat-obatan

Selain kondisi yang disebutkan di atas, cegukan juga bisa disebabkan oleh gangguan metabolisme, seperti penyakit ginjal, ketidakseimbangan elektrolit, atau diabetes. Selain itu, cegukan juga bisa muncul akibat konsumsi alkohol berlebihan, atau obat penenang.

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan yang mendasari cegukan yang tak kunjung mereda, ya Beauty. Jadi, cegukan tak menyebabkan kematian pada seseorang, melainkan kondisi kesehatan yang mendasari orang itu sendiri. 

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari