Menu

6 Kebiasaan yang Bikin Rumah Tangga Awet dan Bahagia, Salah Satunya Kepercayaan!

10 Februari 2022 19:50 WIB

Ilustrasi pasangan bahagia. (Freepik/lookstudio)

HerStory, Bekasi —

Pernikahan yang dipenuhi dengan rasa cinta dan kasih sayang tentu menjadi impian semua orang. Tentu untuk mencapainya dibutuhkan usaha dan kerjasama antara suami dan istri. 

Nah, ada beberapa kebiasaan yang mesti kamu dan pasangan lakukan, supaya rumah tangga awet dan bahagia. Ingin tahu? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Berkompromi

Sulit untuk menyatukan dua kepala. Apalagi kalau nggak ada yang mau mengalah. Karena itu, supaya hubunganmu langgeng, wajib membiasakan untuk berkompromi.

Kamu perlu memahami, bahwa dalam hidup, nggak bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan setiap saat. Terkadang, kamu harus mengalah untuk menang. Yakni, memenangkan agar hubungan kalian bisa terus berlanjut.

2. Kepercayaan

Kebiasaan lain yang mesti kamu lakukan, adalah saling percaya satu sama lain. Stop mengintai media sosial pasangan, atau berusaha membuka HP-nya untuk mengetahui apakah dia ada affair atau enggak. Itu sudah melanggar privasi pasangan, lho!

3. Berikan kejutan

Jangan pas masa pendekatan atau di waktu pacaran saja, kamu sering memberi kejutan. Saat sudah menikah pun, penting untuk kerap memberi kejutan pada pasangan. Supaya, dia selalu merasa posisinya spesial di matamu.

4. Lakukan hal yang spontan

Di antara permasalahan hubungan yang bikin rumah tangga jadi nggak awet, adalah kebosanan. Ini disebabkan, kamu hanya melakukan hal-hal yang sama.

Cobalah untuk melakukan aktivitas yang spontan atau tak direncanakan. Supaya hubungan jadi menarik, dan nggak membosankan!

5. Peka terhadap pasangan

Kebiasaan lain yang perlu kamu terapkan, adalah lebih peka terhadap pasangan. Kalau peka, kamu jadi tahu, sikap yang tepat saat berhadapan dengan pasangan.

Misalnya, saat kamu ingin lapor tentang permasalahan anak, kamu tunda dulu, karena melihat wajah pasanganmu yang lelah. Setelah dia sudah rileks dan nggak capek lagi, kamu baru membicarakan persoalan rumah tangga kalian berdua. Ini menunjukkan, kalau kamu peka!

6. Melakukan liburan berdua

Meski kalian sudah punya anak, tetap perlu mengalokasikan waktu berdua saja. Misalnya, melakukan liburan tanpa anak-anak. Ini penting, lho, supaya kalian nggak hanya berperan sebagai ibu dan ayahnya anak-anak saja, tapi juga sebagai suami istri yang diliputi perasaan cinta.

Nah, sudah kebayang mau mulai menerapkan salah satu dari 6 kiat di atas agar hubungan dengan pasangan adem terus?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan