Menu

Oh... Ternyata Ini 5 Cara Alami 'Bersihkan' Paru-paru, Cobain Deh!

15 Maret 2022 19:00 WIB

Ilustrasi paru-paru. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Paru-paru merupakan organ respirasi yang berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Paru-paru juga merupakan organ yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, setiap hari mungkin kita menghirup polusi udara, asap rokok, dan lainnya, yang bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

Melasnir dari WebMD, spesialis paru-paru dr Joshua Enlerst dari Oshio State University Wexner Medical Center menjelaskan bahwa sebenarnya paru-paru sudah memiliki mekanismenya untuk memperbaiki kerusakan sel.

Para ahli menyarankan untuk melakukan kebiasaan sehat untuk 'membersihkan' paru-paru. Apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak baik-baik, ya!

Konsumsi makanan sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah yang tinggi antioksidan, dapat membantu seseorang melindungi paru-paru dari kerusakan akibat polusi.

Olahraga kardio

Untuk menjaga fungsi paru-paru, kamu bisa olahraga kardio yang memacu kerja jantung dan paru-paru, seperti jalan kaki, renang, lari, senang, dan bersepeda.

Vaksinasi flu dan pneumonia

Penting untuk melakukan vaksinasi influenza dan pneumonia demi menjaga fungsi paru-paru tetap ssehat. Vaksinasi dilakukan sebagai tindakan pencegahan karena dua penyakit tersebut dapat menyerang dan merusak paru-paru.

Hindari perokok aktif

Meski kamu enggak merokok, tapi kamu tetap bisa mengalami kerusakan pada paru-paru karena berdekatan dengan perokok aktif. CDC mengungkapkan bahwa asap yang keluar dari mulut perokok dapat mengandung ratusan zat kimia beracun.

Jaga kualitas udara

Hindari tempat berpolusi tinggi demi menjaga kualitas udara yang dihirup. Gunakan masker atau alat high effieciency particulate air filter (HEPA) di dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk 'membersihkan' paru-paru secara alami. Semoga bermanfaat!