Menu

Pantas Kolesterol Melonjak Tajam Saat Berbuka, 4 Makanan Ini Biang Keroknya Moms!

13 April 2022 15:00 WIB

Sosis Pedas Saus Barbeque (Instagram/mrswijaya)

HerStory, Medan —

Kolesterol merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk membran sel dalam tubuh. Tak hanya itu, kolesterol berguna untuk memproduksi hormon, vitamin D, dan zat penting lainnya yang diperlukan saat mencerna makanan berlemak.

Namun, kadar kolesterol dalam tubuh harus diperhatikan sebab jika kelebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi kelebihan kolesterol biasanya dipicu oleh pola makan yang sembarangan dan gak sehat. 

Produksi kolesterol berlebih, khususnya kolesterol jahat, akan menyebabkan penumpukan pada arteri atau pembuluh darah yang akan menghambat aliran darah. Hal inilah yang menyebabkan seseorang terserang penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner, serangan jantung, hingga stroke.

Nah, di bulan Ramadan ini kerap seseorang berbuka dengan makanan yang lezat tanpa mempertimbangkan jumlah kolesterol yang ada di dalamnya. Akibatnya kadar kolesterol dalam tubuh mengalami lonjakan tinggi.

Herstory sudah merangkum beberapa makanan yang sebaiknya dihindari khususnya bagi penderita kolesterol tinggi. Kira-kira apa saja? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Rabu (13/4/2022).

1. Daging olahan

Daging olahan seperti bacon, sosis, kornet, dan daging olahan lainnya sangat mudah untuk dikonsumsi sebab gak butuh waktu lama untuk memasaknya. Padahal makanan ini merupakan sumber lemak jenuh penyumbat pembuluh darah. 

Jenis-jenis makanan tersebut memang sangat sulit ditepis jika sudah disajikan. Namun jika kamu sedang berkomitmen untuk hidup lebih sehat, hindari makanan-makanan tersebut agar kadar kolesterol lebih stabil.

2. Gorengan

Gorengan lebih buruk dari lemak jenuh sebab mengandung lemak trans. Menyantap gorengan secara berlebihan bahkan diibaratkan seperti menodongkan senjata ke diri sendiri.

Sumber utama lemak trans adalah partially hydrogenated oil, minyak yang digunakan pada sebagian besar restoran siap saji dalam menggoreng makanan. Lemak trans meningkatkan kolesterol secara gila-gilaan dengan meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

3. Roti dan kue

Berbuka dengan yang manis adalah hal yang nikmat saat berpuasa. Roti dan kue adalah salah satu pilihan makanan wajib yang banyak digemari.

Roti dan kue merupakan sumber asam lemak trans yang buruk untuk kesehatan jantung. Roti dan cake buatan sendiri juga mengandung lemak jenuh karena margarinnya. Usahakan jangan terlalu sering mengonsumsi makanan jenis ini untuk kesehatan jantung.

4. Makanan cepat saji

Semua jenis makanan cepat saji atau fast food termasuk burger selalu berisiko pada kesehatan tubuh, khususnya dampak kolesterol yang tinggi. Satu porsi burger disinyalir terdiri dari 10 hingga 20 gram lemak jenuh dan 85 mg kolesterol.

Namun hitungan tersebut berlaku untuk porsi atau ukuran burger normal. Sementara itu, kebanyakan orang justru menyukai burger dalam porsi sedang dan bahkan jumbo.

Masih ada lagi ancaman dari sajian selain burger sebagaimana menu fast food pada umumnya, mulai dari kentang goreng, es krim, minuman bersoda, dan lain-lain. Satu paket menu utuh itu sudah sangat berlebihan kandungan kolesterol yang bakal membahayakan kesehatanmu.

Itu dia beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari khususnya saat berbuka puasa. Tetap jaga pola makan dan hidup sehat, yah!

Artikel Pilihan