Menu

Stop Lakukan 5 Kebiasaan Ini, Bisa Mengganggu Kesehatan Miss V!

22 April 2022 20:35 WIB

Ilustrasi Vagina (Pexel/Cliff Booth)

HerStory, Bekasi —

Kebersihan dan kesehatan vagina memang sangat penting untuk dijaga agar terhindar dari penyakit dan jamur. Sayangnya, kebiasaan yang seringkali dilakukan tanpa sadar memiliki efek tersendiri terhadap kesehatan vagina.

Melansir dari Cosmopolitan, berikut lima kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan vagina, antara lain:

1. Membersihkan Vagina dengan Sabun

Membersihkan vagina dengan sabun mungkin dianggap bersih. Padahal membersihkan vagina dengan sabun bisa menganggu keseimbangan vagina karena bahan kimia di dalamnya.

"Membersihkan vagina dengan sabun dapat menghilangkan bakteri sehat yang melindungi vagina dari infeksi dan dapat menyebabkan iritasi, keluarnya cairan yang berlebihan, hingga vagina berbau busuk," kata Dr. Anita Mitra, ginekolog dan penulis The Gynae Geek.

"Jika kamu menggunakannya karena kamu sudah mengalami iritasi atau keputihan, saya yakin itu tidak akan membuatnya lebih baik," imbuhnya. 

2. Pakai Pakaian atau Celana Dalam Ketat

Dokter Anita menyarankan untuk gak menggunakan celana dalam ketat dan pakai yang lebih nyaman untuk dipakai sehari-hari.

"Sejumlah penelitian menunjukkan pakaian dalam atau pakaian ketat meningkatkan risiko jamur vagina karena hangat dan lembap," kata dokter Anita.

"Kamu dapat mencoba dan memakai pakaian yang lebih longgar seperti bahan katun," imbuhnya.

3. Memotong Rambut Kemaluan

Terkadang lebih baik bagi tubuh saat kamu membiarkan rambut kemaluan tumbuh terutama jika kulit Anda sensitif.

"Bercukur dapat menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar vulva dan dapat menyebabkan ruam," jelas Dokter Anita.

"Penghilangan rambut itu sendiri tidak berbahaya, tetapi jika kulitmu sensitif maka sebaiknya tak dilakukan," imbuhnya.

4. Merokok

Rokok dapat memengaruhi kesehatan vagina karena bahan kimia dalam rokok dapat masuk ke vagina dan menyebabkan perubahan pada populasi bakteri sehat.

"Ini berarti kamu dapat terkena iritasi jamur, vaginosis bakterial, dan juga meningkatkan risiko pada vagina,” jelas dokter Anita.

5. Hubungan Seksual

Jika kamu berhubungan seks tanpa kondom dan pasangan mengalami ejakulasi di dalam, keberadaan air mani bisa sangat mengganggu bagi kesehatan vagina pada beberapa wanita.

"Telah terbukti bahwa air mani dapat mengubah pH vagina dan juga mengubah kekebalan tubuh," kata dokter Anita.

"Ingatlah selalu untuk buang air kecil setelah berhubungan seks untuk mengurangirisikonya," imbunya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan