Menu

Moms Harus Tahu! Ini 3 Kebiasan Orangtua yang Bikin Anak Makin Menjauh, Hindari Deh...

09 Mei 2022 17:10 WIB

Illustrasi Anak Bersama Orangtua (Freepik/ Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Setiap orangtua tentu ingin menjalin kedekatan dan hubungan yang baik dengan anak. Namun sayangnya, ada kebiasan orangtua yang justru membuat anak merasa gak nyaman dan menjauh.

Tentu Moms gak mau hal itu terjadi, kan? Nah, oleh karena itu, gak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kebiasaan orangtua yang membut anak menjauh.

1. Pilih kasih

Meski orangtua akan berkata bahwa mereka menyayangi semua anaknya dengan adil. Namun, terkadang ada waktu di mana orangtua memperlakukan satu anak dengan cara yang berbeda.

Jika hal itu terus berlanjut, bisa memicu konflik antar saudara yang bahkan membuat anak memilih untuk menjauh dan membatasi diri.

2. Selalu mengkritik anak

Memang perlu memberikan anak saran dan kritik, tapi jangan sampai berlebihan. Pasalnya, jika dibiarkan dalam jangka panjang, anak akan berpikir bahwa ia memang nggak bisa melakukan sesuatu dengan benar karena orangtua gak pernah menghargai usahanya. 

3. Memaksakan semua kehendak anak

Tiap orangtua tentu ingin yang terbaik untuk anak mereka. Sebab itu, orangtua jangan sampai memaksakan kehendak anak. Sebaikanya orang tua hanya mengarahkannya saja.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya