Menu

Anak Cerminan Diri, Ini 5 Karakter yang Harus Moms Miliki, Contoh Figur Orang Tua yang Baik Pada Anak, Catat Ya!

13 Mei 2022 20:34 WIB

Ilustrasi orang tua bersama anak-anaknya. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Tangerang —

Menjadi figur orangtua yang baik tentu nggak gampang dan harus mampu juga siap memberikan teladan bagi anak-anaknya. Baik itu dari segi perkataan maupun perbuatan.

Dengan memberikan bekal dan ilmu yang orang tua berikan pada anak, akan membentuk karakter mereka menjadi manusia yang ungul. Oleh karenanya sebagai seorang ibu, wanita perlu memiliki karakter teladan bagi anak-anaknya.

Memang nggak mudah dalam mengurus anak apalagi memberikan contoh yang baik, karena bahwasan kita sebagai orang tua juga selalu kurang dalam berperilaku. Namun, untuk seorang anak kita sebagai ibu harus memiliki karakter yang teladan agar bisa jadi teladan anak.

Lalu apa saja, karakter moms yang harus dimiliki supaya menjadi orang tua yang baik? Simak ulasannya di bawah ini di himpun dari laman sindikasi GenPI.co, Jumat (13/5/2022).

1. Serba Bisa

Semenjak menjadi ibu, tiba-tiba kamu memiliki kekuatan ekstra untuk bisa menyelesaikan banyak urusan sekaligus. Menjadi guru saat school from home sambil menyelesaikan deadline kantor? Bisa! merawat dua balita sambil menjalankan bisnis rumahan? bisa!

Lebih hebatnya lagi, kamu adalah sosok serba bisa yang selalu diandalkan si kecil dalam berbagai situasi. Yes, your are a superhero!

2. Memberi contoh yang baik

Kamu nggak harus menjadi ibu sempurna yang selalu tampil memukau di depan keluarga. Yang penting, selalu berusaha memberikan contoh yang baik untuk ditiru si kecil.

Kamu tak takut melakukan kesalahan dan tetap bisa memberi contoh yang baik dalam memperbaiki kesalahan. Sikap apa adanya inilah yang perlu dicontoh anak, bahwa tak perlu takut mencoba hal baru dan belajar dari kesalahan yang pernah  dibuat.

3. Seimbang

Kamu bisa menjadi sosok yag seru, tapi juga bisa menjadi sosok yang tegas soal kedisiplinan. Kamu bisa menjadi koki terbaik di rumah, tapi juga bisa menjadi pemandu wisata kuliner ramah anak yang baik.

Hidup nggak perlu serba sempurna, yang penting serba seimbang. Kamu tahu kapan harus fokus pada anak-anak, tapi kamu juga tahu pentingnya me time untuk menjaga kesehatan mental. Itulah ciri ibu yang baik, yang tahu cara memenuhi kebutuhan anak, suami, dan diri sendiri.

4. Berusaha menjadi lebih baik

Walau kamu merasa belum menjadi sosok ibu yang lebih baik, niat dan usaha untuk menjadi ibu yang baik sudah membuktikan kamu adalah ibu yang baik

5. Anak suka mengobrol dengan bunda

Salah satu tanda kedekatan ibu dan anak adalah terciptanya komunikasi yang baik. Tak mudah lho, untuk mendengarkan cerita panjang balita. Tetapi, ibu yang baik tahu manfaat menjadi pendengar yang baik dan anak pun merasa nyaman ngobrol panjang dengan ibunya.

Ibu yang baik juga sangat menikmati momen mengobrol seperti ini, karena kesempatan ini mungkin akan berkurang ketika anak-anak sudah dewasa.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.