Menu

Asam Urat Tinggi Bisa Dilihat dari Kondisi Jempol Kaki, Cek Sekarang!

19 Mei 2022 15:45 WIB

Telapak kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini bisa terjadi di bagian sendi mana pun, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jempol kaki.

Kondisi ini bisa terjadi akibat tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau fungsi ginjal dalam membuat asam urat enggak bekerja dengan baik.

Melansir dari berbagai sumber (19/5/2022), berikut ini beberapa gejala asam urat tinggi yang perlu diwaspadai. Yuk, simak baik-baik, ya!

Nyeri di jempol kaki

Ketika asam urat tinggi kambuh, nyeri yang terasa di jempol kaki menjadi ciri yang harus diperhatikan dan perlu diwaspadai.

Ketika tubuh enggak bisa memecah asam urat, itu akan menumpuk dan menjadi kristal. Kristal itu bisa berpindah ke jempol kaki, di mana mereka diserang oleh tubuh sebagai penyerbu asing. 

Warna kulit kemerahan

Ketika asam urat kambuh, pembengkakan juga cenderung terjadi dan diikuti dengan warna kulit yang jadi lebih memerah.

Peradangan di sendi, membuat aliran darah meningkat di bagian sendi tersebut. Kondisi inilah yang membuat warna kulit jadi kemerahan. 

Rasa sakit yang parah pada malam hari

Rasa nyeri yang bertambah para pada malam hari bisa menjadi tanda asam urat tinggi kambuh. Biasanya nyeri terjadi antara tengah malam hingga pukul 8 pagi.

Nah, itulah beberapa tanda asam urat tinggi yang kambuh. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan