Menu

Kadar Gula Darah Tiba-tiba Meroket di Pagi Hari? Ini 3 Cara Mengatasinya!

20 Mei 2022 06:58 WIB

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Jika diabaikan, diabetes bisa memicu komplikasi masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

Kenaikan kadar gula darah bisa terjadi kapan saja, termasuk pada pagi hari. Untuk itu, para penderita diabetes harus bisa mengatasinya dengan benar.

Melansir dari laman Very Well Health, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gula darah tinggi di pagi hari. Yuk, simak baik-baik, ya!

Batasi asupan karbohidrat pada malam hari

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kenaikan gula darah di pagi hari adalah dengan membatasi asupan karbohidrat pada malam hari.

Perhatikan jumlah karbohidrat yang kamu konsumsi saat makan malam atau camilan di malam hari. Kamu bisa konsumsi makanan sehat, seperti buah, yogurt bebas emak, popcorn bebas lemak, telur rebus, granola rendah lemak, dan lainnya.

Perhatikan asupan lemak

Lemak sehat adalah bagian penting dari diet sehat, tapi akan berdampak negatif pada kadar gula darah. Makan malam tinggi lemak dapat membuat gula darah melonjak di pagi hari.

American Diabetes Association merekomendasikan untuk memasukkan lebih banyak lemak tak jenuh tunggu ganda daripada lemak jenuh atau lemak trans.

Lakukan olahraga

Olahraga dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan glukosa lebih efektif, meningkatkan pergerakan glukosa selama dan setelah olahraga.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik intensitas sedang sebelum sarapan dapat mengurangi kenaikan kadar gula darah pada pagi hari.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari keenaikan gula darah di pagi hari. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita