Menu

Jangan Sepelekan! Khasiat Daun Cabai Pasti Bikin Kamu Terbelalak

20 Mei 2022 17:25 WIB

Cabai. (Pixabay/Jill Wellington)

HerStory, Rembang —

Cabai merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu pedas dalam berbagai olahan masakan. Selain cabainya, ternyata daun cabai memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Pasalnya, daun cabai mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu tanin. Zat antiseptik ini juga dapat membantu mengatasi keluhan keracunan makanan.

Berikut manfaat daun cabai yang perlu Moms pahami, yaitu:

1. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun cabai sumber yang kaya phytochemical dan asam fenolik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tekanan darah. Dengan menambahkannya ke dalam makanan, kita akan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.

2. Mengelola Diabetes

Daun cabai telah ditemukan bermanfaat pada penderita diabetes. Daunnya mengandung phytochemical yang dapat membantu meningkatkan sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

3. Memiliki Sifat Antioksidan

Daun memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan yang dapat diberikan pada tubuh oleh radikal bebas, kerusakan sel dan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf.

Mereka adalah sumber vitamin A dan C yang bertindak sebagai antioksidan yang memerangi radikal bebas dalam tubuh. Mereka dapat membantu menurunkan risiko kanker, katarak, penyakit jantung, asma bronkial, dan osteoartritis.

4. Mengurangi Demam

Demam adalah ketika suhu tubuh manusia naik di atas kisaran normal 36-37 ° Celcius. Untuk secara efektif mengurangi panas pada tubuh, daun cabai dapat dihaluskan dan kemudian dicampur dengan minyak selada dan oleskan di dahi.

5. Membantu Mengobati Artritis

Arthritis ditandai dengan pembengkakan dan nyeri sendi. Nyeri sendi akan makin memburuk seiring bertambahnya usia. Jenis radang sendi yang paling umum adalah osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

Ketika mengalami ini, daun cabai dapat menjadi pilihan yang bagus. Ia memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu memberikan bantuan dari gejala radang sendi.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun cabai mengandung kalori dan lemak dalam jumlah rendah. Mereka dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif penurunan berat badan.

Untuk manfaat ini, kita hanya perlu memiliki tiga hingga empat daun cabai kering, rebus dalam air dan tambahkan dengan air jeruk nipis atau lemon. Minumlah langsung di pagi hari.