Menu

Berkaca dari Wafatnya Mantan Jubir Penangangan Covid-19 Achmad Yurianto, Kenali Gejala Penyakit Kanker Usus Besar Ini Ya Beauty, Cirinya…

22 Mei 2022 16:00 WIB

Ilustrasi kanker usus (Yale University/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Kabar duka kembali menyelimuti Tanah Air. Ya, Mantan Jubir Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, meninggal dunia pada Sabtu (21/5/2022).

Sebagaimana kita ketahui, Beauty, Achmad Yurianto dikenal luas oleh masyarakat saat menjabat sebagai juru bicara pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di awal pandemi.

Ia menjadi jubir pada Maret 2020 hingga Juli 2021. Kemudian, posisi Yurianto digantikan oleh Wiku Adisasmito.

Diketahui sebelum meninggal, Achmad Yurianto sempat beberapa kali masuk rumah sakit karena penyakit kanker usus besar dan stroke.

Dan, terkait penyakit yang merenggut almarhum ini, tak ada salahnya kita mewaspadainya Beauty. Karena, meski kanker usus jamak menyerang orang berusia lanjut. Tapi terkadang, kanker ini juga menyerang orang berusia lebih muda.

Kanker usus biasanya timbul dari benjolan kecil jinak atau polip yang tumbuh di bagian dalam usus besar. Seiring berjalannya waktu, polip berkembang menjadi kanker.

Dan, berdasarkan laman StopColonCancerNow, berikut ciri-ciri kanker usus yang kerap tidak disadari pengidapnya:

1. Sakit perut berkepanjangan

Salah satu gejala umum kanker usus yang dirasakan penderita adalah sakit perut yang intens. Jadi, jika kamu menderita sakit perut berkepanjangan, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter, ya!

2. Berat badan merosot tanpa sebab jelas

Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dapat menjadi ciri-ciri kanker usus. Dan biasanya disertai masalah BAB dan nyeri perut yang hebat.

3. Muntah

Mual dan muntah yang disertai sembelit, diare, sakit perut akut, dan ada darah di tinja bisa jadi jadi ciri-ciri kanker usus, lho Beauty.

Biasanya, penderita kanker usus bisa mengalami muntah karena pertumbuhan tumor menyumbat usus. Penyumbatan ini bisa menganggu padatan, cairan, atau gas di usus.

4. Ada darah dalam tinja

Jika kamu mendapati darah berwarna merah gelap dalam tinja disertai sakit perut hebat, baiknya segera berkonsultasi ke dokter. Dokter umumnya akan merekomendasikan pemeriksaan kolonoskopi untuk melihat ada tidaknya polip atau tumor di dalam usus.

5. BAB bermasalah

Salah satu tanda kanker usus lannya adalah BAB bermasalah. Kondisi ini disebabkan pertumbuhan sel abnormal menghambat jalur pengeluaran tinja atau feses. Jika Anda mengalami tinja yang ukurannya sekecil pensil selama beberapa minggu, jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter.

6. Anemia tanpa sebab

Biasanya, penderita mengalami anemia karena sering kehilangan darah yang ditandai BAB berdarah. Kondisi ini dapat menyebabkan produksi darah merah baru berkurang dan menguras cadangan zat besi di dalam tubuh.

Nah Beauty, itulah beberapa gejala umum yang menandakan kanker usus.Adapun, beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko penyakit ini antara lain adalah:

1. Memperbanyak asupan nabati

2. Mengurangi makan daging merah dan daging olahan

3. Mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol

4. Menghindari rokok

5. Menjaga berat badan

6. Dan, lakukan aktivitas fisik setiap hari

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Artikel Pilihan