Menu

5 Cara Agar Berat Badan Gak Melonjak saat Hamil, Catat Bumil!

06 Juni 2022 18:50 WIB

Ilustrasi perut ibu hamil. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Ketika hamil, terjadi perubahan pada tubuh seperti bertambahnya berat badan. Meskipun pertambahan berat badan saat hamil adalah hal yang normal, penting untuk memastikan agar berat badan gak bertambah terlalu banyak. Tapi, bagaimana caranya?

Tentu saja, salah satunya adalah dengan memilih makanan sehat dan melakukan olahraga ringan secara teratur. Selengkapnya, inilah 5 cara sederhana yang bisa dilakukan agar berat badan gak melonjak saat hamil, melansir dari Bright Side.

1. Cukup minum

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan kamu secara keseluruhan dan dapat membantu menjaga berat badan tetap terkendali. Tetap terhidrasi sangat penting selama kehamilan, karena air membantu membentuk plasenta dan cairan ketuban.

2. Hindari pola pikir “makan untuk dua orang”

Ingat, saat hamil, kamu tidak makan untuk dua orang. Jadi, kamu gak boleh menggandakan asupan kalori normal. Ibu hamil hanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari mulai dari trimester kedua kehamilan.

3. Makan makanan utama saat siang hari

Kehamilan memang melelahkan, dan itu sebabnya terkadang ibu hamil kerap merasa lapar di malam hari. Tetapi, agar tidak menambah berat badan yang gak perlu, lebih baik makan makanan terbesar kamu saat makan siang. Berpegang teguh pada makan siang yang sehat dan bergizi, serta makan malam yang ringan, dapat membantu kamu mengelola penambahan berat badan selama kehamilan.

4. Luangkan waktu untuk berolahraga

Sedang hamil gak berarti kamu harus menghabiskan hari-hari dengan berbaring di sofa. Olahraga ringan dan teratur akan membantu kamu meningkatkan mood dan menjaga berat badan tetap terkendali. Beberapa olahraga berat tidak dianjurkan selama kehamilan, tapi kamu dapat menikmati jalan kaki dan olahraga ringan lainnya.

5. Hindari minuman manis

Boleh saja menuruti ngidam makanan atau minuman manis. Tapi, jangan dilakukan terlalu sering, ya. Minuman bersoda dan minuman manis lainnya rendah nutrisi dan tinggi kalori, dan jika kamu meminumnya terlalu sering, itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan berlebih saat hamil.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya