Menu

Bumil Merapat! Ini 4 Cara Mengatasi Jerawat saat Hamil, Coba Yuk!

16 Juni 2022 15:10 WIB

Wajah berjerawat. (Freepik/sri_sakorn42)

HerStory, Jakarta —

Menjalani kehamilan merupakan hal yang gak terlupakan. Ketika berada dalam kondisi hamil, tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan ekstrem terkait hormon dan metabolisme.

Gak heran jika secara fisik akan ada beberapa perubahan yang sangat terlihat, salah satunya kemunculan jerawat. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mengatasi jerawat saat hamil yang bisa dilakukan agar jerawat gak membandel?

Jerawat yang muncul saat hamil ini sendiri merupakan efek dari perubahan hormon pada bagian kulit. Pori-pori kulit bagian wajah akan tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih, serta bakteri yang memicu munculnya jerawat.

Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Cuci Muka

Menggunakan pembersih wajah ringan bisa menjadi opsi menarik untuk mengatasi jerawat saat hamil. Hal ini bisa mengurangi penumpukan sel kulit mati, minyak berlebih, serta bakteri yang ada di bagian wajah.

Gunakan pembersih wajah bebas alkohol, pewarna, atau pewangi, dan tidak mengandung asam salisilat. Lakukan dengan air hangat, hindari menggosok terlalu kuat, dan berikan pijatan di kulit wajah secara perlahan. Lakukan hal ini dua kali sehari.

2. Hindari Zat Bersifat Iritan

Ketika mengalami wajah berjerawat saat hamil, bagian wajah akan menjadi sangat sensitif pada beberapa bahan kosmetik atau pembersih wajah. Itu mengapa beberapa ketentuan pembersih wajah diberikan di poin pertama tadi.

Untuk perawatan wajah atau kulit, gunakan produk dengan water-based, bebas minyak, atau jenis non-comedogenic sehingga bisa meminimalkan resiko iritasi pada bagian wajah.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Memiliki senyawa antibakteri dan antiseptik, minyak kelapa bisa membantu mengatasi jerawat saat masa kehamilan. Kamu tinggal membersihkan bagian wajah dengan air hangat, kemudian oleskan minyak kelapa di area kulit yang berjerawat.

4. Madu

Untuk mengatasi jerawat saat hamil juga bisa dilakukan dengan menggunakan madu. Serupa dengan minyak kelapa, sifat antibakteri dan antiseptiknya bisa mengatasi jerawat dan mencegahnya kembali lagi.

Bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan, kemudian oleskan madu ke area yang berjerawat tipis-tipis. Tunggu hingga kering, dan bilas dengan air hangat.

Cukup mudah bukan keempat cara mengatasi jerawat saat hamil di atas? Semoga bisa menjadi bahan bacaan yang berguna dan bermanfaat. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini, agar mendapatkan rekomendasi terbaik untuk merawat jerawat saat hamil.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya