Menu

Putri Delina Ngeluh Sakit Lambung Gegara Makan Makanan Fermentasi yang Kadaluarsa, Memang Kimchi Bisa Basi?

27 Juli 2022 11:45 WIB

Putri Delina (Instagram/putridelinaa)

HerStory, Jakarta —

Beberapa waktu lalu, video Putri Delina tengah diinfus dibagikan di akun YouTube Sule Family. Disana terlihat anak perempuan Sule yang tengah lemas dan terduduk.

Putri Delina pun tampak begitu lemas menjawab pertanyaan sang ayah. Sule menanyakan kenapa bisa asam lambung putrinya itu kambuh.

"Enggak kuat itu asam lambung, habis makan apa emang?," tanya Sule dikutip dari YouTube Sule Family yang diunggah Selasa (26/7/2022).

"Makan Kimchi, enggak lihat expired-nya," sahut Putri Delina.

Kemudian, diperlihatkan kemasan Kimchi yang dimakan Putri Delina. Rupanya, tertulis tanggal kadaluarsa sudah berlalu dua bulan lalu, yakni 31 Mei 2022.

"Kimchinya asem kali ya," lanjut Putri Delina menduga.

"Iya enggak kuat jadi asam lambung," kata Sule menimpali sambil menyuapi anak perempuan satu-satunya itu.

Sule kemudian memohon doa agar Putri Delina lekas sembuh. Ia lantas mengakhiri vlognya. "Sahabat Tambun, doakan Putri cepat sembuh ya," tutup Sule.

Seperti yang kita ketahui, Kimchi adalah makanan fermentasi tradisional khas Korea Selatan yang rasanya pedas dan asam.

Walaupun baunya kadang menyengat, Kimchi tetap bisa dimakan karena itu hanya bau khas dari makanan fermentasi. Namun, apakah kimchi bisa basi?

Menurut Healthline, imchi bisa tahan sampai 1 minggu tanpa kulkas. Sementara kalau disimpan dalam kulkas, awet 3-6 bulan. Namun tetap saja ada syaratnya yaitu cara menyimpan yang tepat supaya awet.

Berkaca dari kasus Putri Delina, bagaimana sih tanda kimchi yang sudah basi? Hal ini mudah sekali dilihat. Kamu harus selalu memastikan tak ada jamur di dalam kimchimu berupa titik hitam, biru, ataupun hijau.

Namun kamu tetap tak disarankan untuk mencium aromanya ya karena bisa saja jamur tersebut masuk ke dalam tubuh.

Artikel Pilihan