Menu

Waspada! Begini Gejala Diabetes pada Wanita yang Sering Diabaikan

15 Januari 2021 12:20 WIB

Penyakit Diabetes. (Pixabay/Tumisu)

HerStory, Jakarta —

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang diberbagai usia. Tak pandang umur, penyakit diabetes pun dapat terjadi pada seseorang yang masih berusia muda. 

Penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metabolusme menahun akibat pankreas yang nggak mampu memproduksi insulin secara cukup atau nggak mampu menggunakan insulin yang telah diproduksi secara efektif.

Penyakit diabetes dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari faktor genetik atau keturunan, faktor usia, dan faktor berat badan atau obesitas. Gejala yang terjadi pun sangat beragam dan sebernarnya dapat dideteksi dari awal, namun sayangnya beberapa orang belum menyadarinya termasuk bagi para wanita. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gejala diabetes pada wanita yang sering diabaikan.

Mudah haus 

Saat kadar gula darah tinggi, kandungan sodium dalam darah akan cenderung menurun. Akibatnya Beauty jadi gampang sekali merasa haus. Namun jika Beauty mengalami rasa haus yang tak kunjung hilang setelah beberapa kali minum air putih, Beauty harus waspada. Karena hal tersebut merupakan salah satu gejala diabetes.

Sering buang air kecil

Salah satu tanda yang dapat menunjukkan gejala diabetes adalah sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh menarik air dari sel ke darah. Karena hal inilah tubuh jadi kelebihan cairan sehingga frekuensi buang air kecil semakin meningkat.

Mudah lemas dan lelah

Bagi para Beauty yang seringkali merasa mudah lemas dan lelah, perlu waspada. Naik turunnya gula darah yang drastis bisa menjadi penyebabnya. Para penderita diabetes umumnya akan sering merasa gampang capek meski tak melakukan banyak aktivitas.

Meningkatnya nafsu makan 

Diabetes membatasi kemampuan tubuh untuk dapat menyalurkan glukosa ke aliran darah dan sel-sel tubuh tempat gula disimpan dan diubah menjadi energi. Ketika tubuh tak bisa memiliki energi cukup, efeknya nafsu makan jadi tak terkendali. Hal inilah yang menyebabkan Beauty menjadi merasa lapar setiap waktu. 

Semoga bermanfaat!