Menu

Selamat Hari Batik Nasional! Ini Lho 5 Fakta Menarik yang Bikin Kamu Bangga Pakai Batik

02 Oktober 2020 11:35 WIB

Ilustrasi batik (Fashion History/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahu enggak sih kalau Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober lho. Ya, tepat pada hari ini, masyarakat Tanah Air 'berpesta pora' merayakannya lewat mengenakan Batik. Mulai dari pakaian hingga aksesoris Batik lainnya, atau bahkan ikut memperingati lewat postingan di laman sosial media. 

Batik merupakan salah satu hal yang mencerminkan karakteristik bangsa Indonesia. Memperingati Hari Batik Nasional enggak cuma dengan mengenakan pakaian Batik aja. Yang paling penting itu adalah menghormati dan ikut melestarikan warisan budaya yang satu ini.

Batik itu cantik, Batik itu unik, Batik itu menyimpan beragam fakta menarik di dalamnya. Banyak hal yang perlu kamu ketahui mengenai Batik, Beauty! Dan tentunya hal ini akan membuatmu merasa bangga dan makin cinta dengan Tanah Air.

Mau tahu hal apa aja yang bikin kamu bangga dengan mengenakan Batik? Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/10/2020) berikut lima fakta menarik mengenai Batik yang perlu kamu tahu.

Warisan Budaya Dunia

Sebelas tahun lalu, United National of Educational Scientific, and Cultural Organziation (UNESCO) menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional sejak 2009 silam. Berbagai elemen masyarakat, mulai dari intansi pemerintahan, pekerja, pelajar, hingga masyarakat umum diimbau mengenakan Batik setiap 2 Oktober. 

Badan PBB yang membidangi Pendidkan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan secara resmi mengakui, Batik sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukannya ke dalamm Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia, dan sebagai bentuk pengakuan Internasional terhadap budaya Indonesia.

Asal kamu tahu aja nih Beauty, Indonesia membutuhkan waktu tiga tahun untuk bisa mendapatkan pengakuan ini dari Internasional. Keren banget kan?

Asal Kata Batik

Beauty tahu enggak sih, Batik itu merupakan gabungan dari dua suku kata lho! Batik, yaitu "amba" dan "titik". Kalau dua kata tersebut digabungkan memiliki makna menulis titik-titik di atas kain. Hal ini pun terlihat dari beragam motif yang menawan.

Kata Batik sendiri pertama kali terdaftar dalam Bahasa Inggris di Encyclopedia Britannica pada tahun 1880, dengan ejaan Battik. Batik juga pernah dieja dengan beragam tulisan lainnya, mulai dari mbatek, mbatik, batek.

Motif dan Batik itu Beragam

Hal lain yang bikin kamu bangga mengenakan Batik ialah motifnya yang beragam. Motif atau sering disebut pola Batik ini merupakan kerangka gambar pada Batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu yang mewujudkan Batik secara keseluruhan.

Dewasa ini, sudah ada ribuan motif batik yang diciptakan oleh jemari-jemari lentik para pengrajin di Indonesia. Tujuh di antaranya ialah motif batik perang, geometri, banji, tumbuh-tumbuhan melanjar, tumbuh-tumbuhan air, bunga serta motif batik dengan ragam fauna lainnya.

Jadi Favoritnya Para Tokoh

Tahu enggak sih Beauty, banyak tokoh dunia yang dengan bangganya mengenakan Batik Indonesia di berbagai kesempatan. Sebut saja seperti Kate Middleton, Barack Obam, Ronald Reagen, hingga mendiang Nelson Mandela yang dikenal gemar mengenakan Batik. Bahkan, saat mendiang Mandela disemayamkan, ia mengenakan Batik kesayangannya lho!

Mereka aja bangga pakai Batik, kita sebagai Warga Indonesia juga enggak boleh malu mengenakannya, Beauty. Jangan takut terlihat udik, saat ini banyak para perancang busana di Tanah Air yang mendesain beragam model Batik dengan sentuhan modern di dalamnya. 

Salah Satu Penghasil Devisa Terbesar

Lebih bangga lagi, ternyata Batik menjadi salah satu penghasil devisa terbesar negara lho! Amerika Serikat adalah negara pengimpor Batik Indonesia terbanyak. Disusul Jerman, Jepang, dan Korea Selatan yang juga turut mengekspor Batik. Hal inilah yang menjadikan Batik sebagai salah satu penyumbang devisa negara dengan nominal besar.

Jadi, sudah pakai Batik hari ini belum, Beauty?

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha