Menu

Happy No Bra Day 13 Oktober 2020, Intip Sejarahnya Yuk!

13 Oktober 2020 16:35 WIB

Ilustrasi No Bra Day (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tepat hari ini, 13 Oktober 2020, diperingati sebagai No Bra Day alias Hari Tanpa Bra Sedunia.  Setiap wanita di seluruh dunia memperingati Hari Tanpa Bra ini hampir di setiap tahunnya. Beauty, penasaran enggak sih kenapa setiap 13 Oktober diperingati Hari Tanpa Bra alias No Bra Day? Apa alasan dan tujuannya? Makanya, yuk simak terus ulasan berikut!

Sebenarnya nih Beauty, sejarah atau asal usul Hari Tanpa Bra belum bisa dipastikan hingga saat ini. Sehari tanpa menggunakan bra bukanlah gerakan vulgar, melainkan untuk meningkatkan kesadaran akan bahayanya kanker payudara.

Itulah mengapa No Bra Day diperingati setiap 13 Oktober, hal ini merujuk pada Bulan Kanker Payudara yang diperingati setiap Oktober. Gerakan ini sudah dimulai sejak 2011 silam, kala itu kampanye Hari Tanpa Bra disuarakan lewat sosial media dengan hashtag #nobraday.

Dalam situs National No Bra Day, gerakan Hari Tanpa Bra seakan menjadi pengingat dan mendorong kesadaran para wanita untuk malakukan pemeriksaan kanker payudara.

Sebagian besar jenis kanker payudara dapat diobati jika terdeketeski sejak dini. Lewat screening dan pemeriksaan payudara adalah bagian dari proses deteksi dini. 

Engak cuma itu, para wanita juga dianjurkan menjalankan pemeriksaan mammogram untuk membantu mendeteksi kanker payudara hingga dua tahun sebelum dirasakan oleh pasien atau dokter.

No Bra Day sendiri bermula dari Toronto, Kanada, oleh ahli bedah plastik Dr. Mitchell Brown. Brown memutuskan untuk membuat Bra Day. Brown menemukan, banyak wanita Kanada yang menjalani sebuah mastektomi karena kanker payudara menolak menjalani operasi rekonstruksi. 

Kampanye Bra Day dilakukan guna menyadarkan dan mendidik perempuan tentang kampanye payudara. 2014 silam, Bra Day dirayakan oleh 30 negara diseluruh dunia. Kala itu, para pengidap kanker payudara hadir dalam diskusi bersama para ahli bedah plastik yang terkemuka, dan mendengar kisah-kisah menginspirasi di dalamnya.

Singkatnya, Hari Tanpa Bra dimaksudkan untuk mempromosikan betapa bahayanya kanker payudara. Enggak cuma itu, kampanye ini juga membantu memberikan donasi bagi penderita kanker dan penelitian.

Happy N Bra Day, Beauty!