Menu

Moms Perlu Tahu, Ternyata ini Lho Alasan Bayi Suka Gigit Puting Payudara saat Menyusu

30 Juli 2021 19:15 WIB

Ilustrasi ibu menyusui (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, momen menyusui si kecil adalah hal yang paling dinantikan setiap ibu bukan? Pastinya kamu merasa bahagia ketika melihat si kecil bisa menerima nutrisi lewas Air Susu Ibu (ASI) yang kamu berikan. Saat menyusui enggak cuma sekadar memberi makanan bagi si kecil, tapi ini juga jadi ajang membangun ikatan kasih sayang. 

Moms, mungkin kamu tahu betul proses menyusui itu enggak selalu berjalan mulus, tentu ada pula hambatan-hambatan di dalamnya. Salah satunya ialah kebiasaan si kecil yang kerap menggigit puting payudara saat menyusu. Apalagi kalau si kecil sudah mulai numbuh gigi. Duh...kondisi ini terkadang bikin jengkel ya, Moms?

Kebiasaan si kecil yang mengigit puting payudara saat menyusu enggak cuma karena mulai numbuh gigi aja, Moms. Seperti yang disadur dari laman Parenting First Cry, berikut beberapa alasan di antaranya:

  • Tumbuh gigi, bisa dibilang kalau tumbuh gigi pada si kecil menjadi penyebab utamanya suka mengigit puting saat menyusu. Tanpa kamu sadar, si kecil mencari bantuan dari rasa sakit saat tumbuh gigi dengan mengigit puting payudara ibunya saat menyusu.
  • Pikirannya teralihkan, biasanya si kecil yang mulai tumbuh besar mulai malas untuk menyusu. Kalau ada sesuatu yang mengalihkan perhatiannya, ia bisa lupa kalau sedalang dalam kondisi menyusu. Hal inilah yang membuat si kecil enggak sengaja menggigit dan menarik puting payudara ibunya.

  • Ingin minum banyak ASI, kadang-kadang si kecil enggak mendapatkan cukup ASI sehingga ia mengigit puting untuk mendapatkan susu yang lebih banyak.
  • Mengantuk, seorang bayi mungkin enggak sengaja mengigit puting payudara ibunya karena ia mengantuk, Moms. Namun, di waktu yang bersamaan, ia juga enggak mau melepas puting payudara ibunya.
  • Tanda kasih sayang, nih Moms, si kecil yang suka gigit puting payudara kalau lagi nyusu bisa jadi itu sebagai tanda kasih sayangnya lho. Si kecil sangat menyukai momen menyusu sehingga ia sulit untuk melepasnya.
  • Tongue Tie, kalau kamu menemui si kecil yang baru lahir tapi sudah mengigit puting saat menyusu, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter, Moms. Bisa jadi ini tanda Tongue Tie yang terjadi pada si kecil.

Kalau si kecil sudah mulai tumbuh gigi, apa harus tetap menyusui?

Harus dong, Moms. Jangan salah kaprah dengan gigi yang mulai tumbuh pada si kecil dan kamu harus berhenti menyusui. Itu salah paham, Moms. Kamu harus tetap meMberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan dan bisa dilanjutkan hingga ia berusia 2 tahun.

Digigitnya puting payudara saat menyusui emang sakit, Mom. Bahkan, hal tersebut bisa membuat puting payudaramu terluka dan juga lecet. Tapi, kamu enggak perlu khawatir, ini bisa diatasi kok.

Seperti yang disebutkan dalam laman Healthline, ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan saat puting payudara lecet karena digigit si kecil. Di antarnya ialah, kamu bisa membilasnya dengan air garam, memakai krim khusus untuk puting, mengompresnya dengan es batu, hingga memeras ASI sampai puting payudara yang lecet sembuh kembali.

Semoga bermanfaat!