Menu

Oh Jadi Ini 3 'Biang Kerok' Kolesterol Melonjak Terus, Hati-hati Nomor 1 Masih Sering Dilakuin Nih!

30 September 2022 16:05 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (National Institue on Aging/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Jika dibiarkan saja, kolesterol tinggi akan menjadi penyebab munculnya komplikasi penyakit yang lebih berbahaya.

Penyakit kolesterol tinggi enggak hanya dialami oleh orang yang sudah tua saja, tapi bisa dirasakan oleh usia muda. Makanya, kamu harus berhati-hati dengan penyebab kolesterol tinggi.

Lantas, apa saja penyebab kolesterol tinggi yang harus diwaspadai?

Melansir dari berbagai sumber (30/9/2022), berikut ini beberapa penyebab kolesterol gampang naik. Yuk, simak dan catat baik-baik, ya!

1. Mager

Mager atau malas gerak bisa jadi salah satu penyebab kamu menderita kolesterol tinggi. Duduk terlalu lama bisa membuat enzim yang mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik turun sebesar 95 persen.

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, kamu disarankan setidaknya berdiri dan bergerak setiap 30 menit sekali. Dengan begitu, kamu bisa mencegah penyakit kolesterol tinggi.

2. Stres

Stres kronis enggak boleh dianggap sepele karena bisa menjadi pemicu banyaknya masalah kesehatan, salah satunya kolesterol tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres dapat meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol jahat. Hormon stres dapat memicu perubahan yang bisa menyebabkan hati memproduksi lebih banyak kolesterol.

3. Minum kopi tanpa disaring

Apa kamu salah satu orang pecinta kopi? Ternyata, minum kopi tanpa disaring berbahaya untuk tubuh. Senyawa berminyak pada kopi disebut diterpen dapat meresap ke dalam cangkir.

Diterpen diketahui bisa meningkatkan kadar kolesterol dengan mudah, apalagi jika kamu minum empat cangkir kopi tanpa disaring setiap hari.

Nah, itulah beberapa penyebab kolesterol mudah naik. Hati-hati, ya!