Menu

Moms, Ini Ciri-ciri Keputihan yang Bisa Jadi Tanda Menopause, Perhatikan Ya!

04 Oktober 2022 15:00 WIB

Ilustrasi keputihan pada wanita (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menopause enggak hanya ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi. Wanita yang telah menopause juga mengalami banyak perubahan, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hingga hasrat seksual.

Perubahan tubuh ketika menopause bisa terjadu secara bertahap atau tiba-tiba. Periode terjadinya perubahan tersebut dinamakan masa perimenopause.

Selain itu, menopause juga bisa ditandai dengan keputihan yang berubah. Moms, sudah tahu belum ciri-ciri keputihan tanda menopause?

Melansir dari laman Healthline (4/10/2022), berikut ini beberapa ciri-ciri keputihan tanda menopause yang biasanya dirasakan wanita. Yuk, simak baik-baik, ya!

  • Keputihan berwarna kecokelatan
  • Tekstur keputihan berair dan lendir yang keluar tipis
  • Terkadang tekstur keputihan sedikit tebal dan menggumpal
  • Jumlah keputihan semakin lama semakin sedikit mendekati menopause

Namun, perubahan kondisi keputihan tanda menopause ini bukanlah masalah kesehatan yang perlu Moms khawatirkan berlebih.

Moms harus waspada jika keputihan sangat lengket, warnanya kekuningan atau kehijauan atau keabuan, baunya tak sedap, berbusa, disertai vagina gatal atau terasa  sakit.

Lantas, apa penyebab keputihan berubah jelang menopause?

Penyebab keputihan sebelum menopause berbeda dari biasanya karena faktor hormonal. Sebelum menopause tiba kadar hormon estrogen dan progesteron di tubuh wanita berangsur-angsur menurun. Proses ini secara bertahap terjadi sejak wanita berusia 30 tahunan atau 30 tahunan. 

Nah, itulah ciri-ciri keputihan tanda menopause yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!