Menu

Selamat Hari Kesehatan Mental, Waktunya Mencintai Diri Sendiri, Beauty! Ini 10 Cara yang Harus Kamu Lakukan

10 Oktober 2022 16:59 WIB

Ilustrasi wanita sedang mengalami gangguan mental. (Freepik/Racool_studio)

HerStory, Jakarta —

Selamat merayakan World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Sedunia, Beauty! Hari ini kita diingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan mental, seperti halnya menjaga kesehatan fisik.

Pasalnya, kesehatan mental merupakan salah satu jenis kesehatan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, terkadang penderita tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami masalah kesehatan mental.

Akibatnya, gejala yang muncul tidak segera diatasi dan dibiarkan berlarut-larut, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, berikut ini 10 cara yang bisa Beauty terapkan untuk menjaga kesehatan mental, antara lain:

1. Tetap melakukan kebiasaan hidup sehat

Memiliki kebiasaan wajib kamu miliki ya Beauty. Tak hanya untuk kesehatan fisik, hidup sehat juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Tetaplah makan dengan teratur, berolahraga, dan tidur dengan cukup, ya Beauty. Ketiga hal tersebut merupakan kunci dasar dalam menjaga kesehatan mental.

2. Tetap berhubungan baik dengan rekan dan keluarga

Tetap menjaga hubungan baik dengan rekan dan keluarga ternyata menyehatkan kejiwaan manusia, Beauty. Sebuah teks pesan atau chat dan telefon dapat membantu kita tetap terhubung dengan orang lain dan merasa senang dengan percakapan tersebut.

3. Jauhkan diri dari berita buruk

Terkadang kita merasa sedih ketika mendengar berita buruk. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika berhenti sejenak untuk mengonsumsi berita buruk agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

4. Jangan mengonsumsi teh, alkohol dan kopi berlebihan

Nah, bagi Beauty yang demen mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan alkohol segera berhenti karena bisa membuat detak jantung meningkat dan mengganggu kualitas tidur. 

5. Latih untuk mencintai diri sendiri

Cara ini harus diterapkan apalagi jika Beauty hidup sendirian. Kamu bisa membuat jadwal atau waktu untuk self-reflection atau refleksi diri dan buat "me time". Kepedulian terhadap diri sendiri merupakan bentuk cinta dan dapat menjaga mental health agar tetap sehat.

6. Bersikap baik dengan diri sendiri

Sesekali berikan hadiah untuk dirimu yang sudah berjuang selama ini. Kamu juga berharga. Hubungi teman jika memiliki masalah atau kunjungi Psikolog jika membutuhkan. Dirimu adalah hal terpenting agar tetap hidup, sehingga harus dijaga dengan baik, ya Beauty.

7. Buat rutinitas yang menyehatkan

Buat jadwal harian atau mingguan atau bulanan. Tetapkan waktu - waktu tertentu dimana kamu harus berolahraga, refleksi diri, sarapan tepat waktu, minum vitamin, dan lain sebagainya.

Selain hal ini adalah hal baik, rutinitas baik dapat menjaga kesehatan fisik dan mental sekaligus.

8. Fokus kepada keluarga

Anak, ayah, ibu, kakek, nenek, kakak atau adik pasti membutuhkan support dan kasih sayang. Selagi mendapatkan waktu luang di rumah, kamu bisa menggunakannya untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

9. Lakukan yang membuatmu bahagia

Kamu pasti mengetahui hal-hal apa saja yang membuatmu bahagia. Entah itu makanan favorit, tempat favorit, atau bersama dengan orang tersayang.

Lakukan apapun yang membuatmu merasa lebih baik dan bahagia. Kegiatan tersebut akan membuat jiwa riang gembira dan kesehatan mental pun terjaga, Beauty.

10. Hubungi psikolog atau psikiater jika dibutuhkan

Jika kamu merasa hal-hal di atas tidak cukup membantu atau kamu merasa tidak cukup puas, kamu bisa melakukan kunjungan ke Profesional. Psikolog dan Psikiatri siap membantumu menjaga kesehatan mental.

Dengan menceritakan masalah atau kegundahan, kamu akan dibantu untuk memahami situasi dan dapat menyelesaikannya dengan baik.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.